Sukses

Cara Alami Singkirkan Batu Ginjal Tanpa Operasi

Selain menyingkirkan batu ginjal dengan jalan operasi, Anda juga bisa menggunakan cara alami.

Liputan6.com, Jakarta Ginjal merupakan organ vital yang berfungsi mengeluarkan partikel yang tidak dibutuhkan dalam darah dan membuangnya melalui urine. Sayangnya, sering kali gaya hidup membuat ginjal terkena gangguan kesehatan, seperti batu ginjal.

Batu ginjal terbentuk akibat meningkatkan jumlah racun dalam ginjal. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya konsumsi air putih, seperti dikutip dari laman Boldsky, Kamis (9/11/2017).

Jika batu terbentuk dalam ginjal, penting untuk segera menyingkirkannya. Salah satu jalannya adalah melalui tindakan operasi. Selain itu, ada juga beberapa makanan alami yang dapat membantu menyingkirkan batu ginjal.

1. Minum air putih

Kebanyakan penyebab batu ginjal adalah dehidrasi. Minum banyak air dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Saat minum air, secara otomatis air akan membersihkan racun dari dalam tubuh.

2. Cuka apel

Cuka apel sangat baik untuk menghilangkan batu ginjal secara alami. Asam sitrat yang ada di dalamnya akan membantu melarutkan batu ginjal.

Sifat alkalizing dalam cuka apel juga membantu membersihkan racun dan membersihkan ginjal secara internal.

Untuk menyingkirkan batu ginjal, campur dua sendok makan cuka apel dalam segelas air hangat dan diminum setiap hari untuk mengurangi batu ginjal.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Daun kemangi

Daun kemangi adalah ramuan alami yang menakjubkan dan banyak digunakan di India. Kemangi diketahui membantu ginjal untuk mengeluarkan batu ginjal secara alami.

Tanaman ini bertindak sebagai detoksifikasi dan mengurangi kadar asam urat di ginjal. Kemangi juga bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit.

Cara mengonsumsinya, lumatkan tiga hingga empat lembar daun kemangi hingga menjadi pasta. Pasta ini harus dicampur dengan satu sendok teh madu dan dikonsumsi setiap hari.

4. Jus Lemon dan minyak zaitun 

Ini adalah kombinasi yang ampuh untuk menghilangkan batu ginjal. Sifat asam jus lemon membantu mengurangi ukuran batu ginjal dan minyak zaitun membantu mengeluarkannya dari tubuh.

Asam sitrat dalam jus lemon juga meningkatkan kesehatan ginjal dan juga mencegah terbentuknya kristal batu ginjal.

Minyak zaitun di sisi lain, memberikan pelumasan yang sangat dibutuhkan sehingga batu ginjal hancur secara alami. Untuk mengonsumsinya, campur dua sendok teh minyak zaitun dengan jus lemon segar yang diperas dan minum setiap hari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.