Sukses

Selain Bawang, Bahan Alami Ini Ampuh Usir Kutu Rambut

Terkena kutu rambut menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Ikuti cara ampuh dan bahan alami untuk membasmi kutu rambut.

Liputan6.com, Jakarta Kutu rambut merupakan binatang kecil yang hidup di rambut. Seringkali, seseorang yang terkena kutu rambut sulit mengatasinya karena kutu ini berkembang biak dengan cepat.

Mengutip laman Step to Health, Jumat (3/11/2017), salah satu bahan rumahan yang dianggap ampuh untuk mengusir kutu rambut adalah dengan menggunakan bawang putih. Cara menggunakannya adalah dengan membuat pasta bawang putih dan mengoleskannya pada seluruh bagian rambut lalu membilasnya.

Selain bawang putih, berikut ini beberapa bahan alami untuk mengatasi kutu rambut.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki konsistensi kental dan mampu membantu memberantas kutu rambut. Untuk menggunakan metode ini, cukup oleskan langsung minyak zaitun ke rambut Anda.

Jika rambut Anda sangat panjang, oleskan minyak sedikit demi sedikit sampai menutupi seluruh bagian kepala. Selanjutnya, tutupi rambut Anda dengan menggunakan handuk mandi, biarkan minyak zaitun semalaman bekerja. Di pagi hari, cuci rambut Anda seperti biasa.

2. Minyak tea tree 

Jika yang Anda cari adalah metode alami, cobalah gunakan tea tree oil. Ini sangat dianjurkan berkat sifat insektisidanya yang kuat. Terlebih lagi, ini pilihan yang lebih ramah daripada vaseline atau bawang putih.

Gunakan minyak pohon teh yang Anda butuhkan dan jangan terlalu banyak. Namun, pastikan semua rambut Anda tertutup rapat. Untuk menghindari ketidaknyamanan, tutupi kepala dengan handuk, dan biarkan semalaman untuk bekerja. Keesokan harinya, sisir rambut Anda dan bilas dengan air. Ulangi proses ini setiap malam selama seminggu.

 

Saksikan video menarik berikut :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Vaseline

 

3. Vaseline

Oleskan vaseline ke rambut Anda dengan merata. Kemudian tutup dengan handuk dan biarkan bekerja sepanjang malam. Keesokan paginya, bersihkan vaseline dengan bantuan baby oil, lalu bilas dengan air. Gunakan sisir halus agar rambut tidak rontok.

Ingatlah bahwa vaseline memiliki konsistensi yang sangat kental. Ini bisa menyumbat pori-pori kulit Anda. Untuk alasan ini, sebaiknya hindari menggunakan dalam jumlah besar secara langsung ke kulit, tapi fokuskan untuk menerapkannya pada rambut. Selain itu, pastikan Anda tidak menerapkan perawatan ini lebih dari tiga hari berturut-turut.

4. Mayones

Mengolesi seluruh kepala dan rambut Anda dengan mayones adalah cara alami yang paling efektif untuk melawan kutu rambut. Mayones dapat membunuh makhluk kecil ini secara ampuh.

Jika mayones tidak membunuh semua kutu dengan mati lemas, mereka yang bertahan akan merasa lemas dan terjebak di dalamnya. Hal ini bisa diatasi dengan membilas rambut. Sebaiknya ulangi perawatan sehari sekali selama seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini