Sukses

Gigi Sering Ngilu Tiba-tiba? Hindari Makanan dan Minuman Ini!

Ini Dia Makanan dan Minuman yang Wajib Kamu Hindari Kalau Gigimu Sering Ngilu Tiba-tiba!

Liputan6.com, Jakarta Apakah gigi Anda suka terasa ngilu tiba-tiba? Kalau iya, mungkin Anda merupakan penderita gigi sensitif. Rasanya menyiksa sekali bukan? Semuanya terasa serba salah. 

Mau makan atau minum tidak enak. Bahkan, sekadar untuk bercengkerama dan menikmati kebersamaan dengan orang terdekat  pun tidak bisa. Masalahnya, ketika rasa ngilu itu muncul, gigi akan langsung terasa "nyut-nyutan".

Meski sudah merasakan betapa menderitanya mengalami rasa ngilu di gigi, masih banyak penderita gigi sensitif tidak mau memeriksakan diri ke dokter gigi dan melakukan perawatan yang benar. Padahal, rasa ngilu di gigi tidak akan sembuh dengan sendirinya. Jika tidak ditangani lebih lanjut, rasa ngilu akan kambuh kembali.

Selain harus rutin berkonsultasi ke dokter gigi, penderita gigi sensitif sebaiknya juga mengetahui jenis makanan dan minuman yang perlu mereka hindari agar terhindar dari rasa ngilu. Dilansir dari everydayhealth.com, ada tujuh jenis makanan dan minuman yang kurang baik untuk penderita gigi sensitif.

1. Soda

Soda merupakan salah satu jenis minuman yang wajib dihindari. Menurut profesor Fakultas Kedokteran Gigi di Universitas Columbia, John Grbic, soda terbuat dari dua bahan yang dapat menimbulkan rasa ngilu pada saraf gigi, yaitu gula dan asam.

2. Es krim

Ini Dia Makanan dan Minuman yang Wajib Kamu Hindari Kalau Gigimu Sering Ngilu Tiba-tiba!

Makanan dingin memang musuh utama gigi sensitif. Tak hanya dingin, gula juga penyebab gigi semakin sensitif. Nah, kedua hal ini ada di es krim, sehingga penderita gigi sensitif sebaiknya menghindari es krim. Pasalnya, dokter gigi, Jordan Taylor, mengatakan bahwa gigi sensitif kekurangan lapisan enamel yang berfungsi sebagai lapisan pelindung. Dengan kurangnya lapisan pelindung, suhu dingin makanan dapat semakin memperparah rasa ngilu di gigi.

 3. Kopi

Sama seperti dingin, suhu panas juga musuh gigi sensitif. Karena itu, Taylor menyarankan untuk meminum kopi dengan susu bukan gula. Menurutnya, susu dapat menurunkan suhu panas dan keasaman kopi, sehingga tidak terlalu merusak gigi.

4. Permen

Ini Dia Makanan dan Minuman yang Wajib Kamu Hindari Kalau Gigimu Sering Ngilu Tiba-tiba!

Tak hanya anak-anak, penderita gigi sensitif juga disarankan untuk tidak mengonsumsi permen. Terutama permen keras, seperti lolipop dan permint mint. Pasalnya, tak hanya mengandung kadar gula tinggi, permen keras juga dapat membuat gigi cuil atau patah. Selain permen keras, permen yang lengket seperti toffee, karamel, dan gummy bears juga tidak dianjurkan untuk gigi sensitif. Sebab, permen seperti ini mudah menempel di gigi sehingga dapat memperparah kesensitifan saraf gigi.

5. Buah asam 

Buah dengan rasa asam seperti nanas, lemon, dan jeruk dapat membuat gigi makin sensitif karena sifat asam bisa merusak lapisan enamel gigi. Menjadikan buah ini sebagai jus juga tidak membantu. Meski sudah menjadi jus, buah-buah ini tetap dapat menyebabkan gigi ngilu.

 6. Tomat

Meski menjadi salah satu sumber vitamin C, tomat juga memiliki tingkat keasaman yang tinggi, sehingga harus dihindari oleh penderita gigi sensitif. Hal ini juga berlaku untuk saus tomat. 

Setelah menghindari makanan dan minuman tersebut, untuk perlindungan yang semakin maksimal, gunakan pasta gigi yang tepat. Berikan perlindungan lebih kuat pada gigi sensitif agar terhindar dari rasa ngilu dengan menggunakan pasta gigi Sensodyne Repair and Protect.

Jika, gigi sensitif telah terlindungi, kegiatan Anda tidak akan lagi terganggu akibat ngilu di gigi yang sering kali datang mendadak. Yuk, jaga terus kesehatan gigi kamu dengan gunakan Sensodyne Repair and Protect!

Pasta gigi tersebut bisa dibeli di situs belanja online blibli.com melalui link ini.

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini