Sukses

Kenapa Kanker di Organ Lain Senang Menclok ke Tulang?

Kanker payudara, tiroid, neuroblastoma dan kanker lain bisa menyebar ke bagian tubuh lain. Salah satunya tulang.

Liputan6.com, Jakarta Sel kanker umumnya menyebar dari titik awal ke bagian tubuh lain seperti paru, hati, dan tulang. Entah itu karena kanker payudara, tiroid, neuroblastoma atau kanker lain. Namun ada satu jenis kanker yang sering ditemukan menyebar ke tulang.

"Dan penyebab daripada kanker (yang berasal dari) non-tulang itu 80 persen diakibatkan karena kanker payudara. Kanker payudara itu paling demen nyebar ke tulang," kata dokter spesialis bedah yang juga konsultan spesialis ortopedi dan traumatologi, Errol Hutagalung.

Pria 75 tahun ini menyebutkan bahwa tulang memang lahan subur bagi tumbuhnya sel kanker. Berikut ada tiga alasan sel kanker dari tubuh bagian lain 'senang' menyebar ke tulang seperti dipaparkan Errol dalam seminar nasional yang diadakan Yayasan Kanker Payudara Indonesia dan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perawatusi) di Jakarta pada Minggu (29/10/2017).

1. Aliran darah

Aliran darah yang tinggi melalui sumsum tulang merah meningkatkan kemungkinan sel-sel kanker mendarat di jaringan tulang.

2. Adhesi

Ada sejumlah besar molekul perekat yang secara khusus mengikat ke tulang. Sehingga sel-sel kanker bisa 'menclok' ke tulang.

3. Faktor pertumbuhan

Tulang memproduksi faktor-faktor pertumbuhan, sehingga hal ini juga mendorong pertumbuhan sel kanker yang ada di tulang.

Data RS Ciptomangunkusumo menyebutkan kasus metastasis kanker ke tulang, paling sering menyerang tulang punggung (spine). Data ini selaras dengan studi kepustakaan yang menyatakan hal sama. 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.