Cara Praktis Hilangkan Jerawat Tanpa Ribet

Oleh Umi Septia pada 29 Okt 2017, 10:00 WIB
Diperbarui 29 Okt 2017, 10:00 WIB
Sering Tidak Disadari, Ini 7 Hal yang Sering Menyebabkan Jerawat
Perbesar
Beberapa hal di bawah ini seringkali tidak disadari dapat menimbulkan jerawat. (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang sering dikeluhkan oleh wanita. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyingkirkan jerawat, salah satunya dengan gaya hidup yang sehat.

Mengutip laman Step to Health, Sabtu (28/10/2017), berikut ini lima cara untuk mengatasi jerawat.

1. Memenuhi kebutuhan air

Anda perlu minum 2 liter air per hari. Ini membantu menghilangkan racun tak hanya di tubuh, tapi juga di sel kulit. Berkat daya larut air, racun bisa dikeluarkan melalui urine dan kulit Anda.

Diperkirakan 72% kulit Anda terdiri dari air. Jadi, Anda perlu mempertahankan proporsi ini jika Anda ingin menghilangkan jerawat dan menjaga kesehatan kulit.

2. Pola makan

Diet yang Anda jalani secara langsung mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Makanan alami memberi nutrisi kulit dan membuatnya cantik. Untuk menjaga kulit tetap sehat, Anda perlu menghindari makanan yang dibuat dengan gula, tepung, minyak sulingan, atau lemak jenuh.

Produk makanan tersebut dapat menyebabkan munculnya jerawat yang tidak diinginkan, kenaikan kadar insulin, perubahan pada produksi androgen dan kelebihan minyak di kulit Anda.

3. Riasan wajah

Riasan wajah atau makeup merupakan satu hal yang tidak bisa lepas dari wanita. Sayangnya, riasan wajah dapat menimbulkan masalah pada wajah, terutama jerawat.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk memilih produk kosmetik yang berkualitas. Pilih produk yang sesuai untuk jenis kulit Anda. Selain itu, biasakan untuk membersihkan wajah secara teratur. Sebaiknya, hindari penggunaan makeup jika tidak dibutuhkan.

4. Perhatikan kebersihan wajah

Untuk menghilangkan jerawat dan menjaga kulit Anda tetap halus dan bebas dari kotoran, penting untuk menjaga kebersihan kulit wajah.

Untuk menghilangkan jerawat secara efektif, pastikan untuk sering mencuci wajah dengan air hangat dan sabun netral.

Anda juga bisa memilih untuk menggunakan remover makeup lembut yang sesuai untuk jenis kulit Anda. Kemudian, bersihkan dengan handuk bersih dan lembut untuk menyingkirkan residu berminyak pada kulit Anda.

Selain itu, disarankan agar Anda menerapkan exfoliant sekali seminggu. Meskipun ada beberapa pilihan komersial, sebaiknya coba yang dibuat dengan pepaya, air mawar, atau yogurt.

5. Tidur sebanyak yang Anda butuhkan

Wanita yang tidur delapan jam per hari dapat merasa lebih rileks. Hal ini juga mendorong detoksifikasi kulit Anda. Jika Anda tidak tidur sebanyak yang Anda butuhkan, kulit Anda akan mengalami masalah pada kulit dan hal ini dapat menumpuk minyak dan racun.

Selain itu, istirahat yang baik akan membantu Anda untuk menyingkirkan jerawat.

Jika Anda tidak bisa tidur delapan jam per malam, cobalah tidur di siang hari. Tidur siang ini minimal antara 20 dan 40 menit.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya