Sukses

Wanita Ini Jadi Buta Usai Main Gim di Ponsel Selama 8 Jam

Mata kanan seorang wanita berusia 21 tahun kini tak bisa melihat akibat terlalu lama bermain video game di ponsel.

Liputan6.com, Jakarta Berlama-lama melihat layar ponsel pintar (smartphone) bisa membahayakan mata. Seorang wanita berusia 21 tahun kini mata kanannya tak bisa melihat akibat terlalu lama bermain video game di ponsel.

Wanita yang dikenal dengan Wu, dari Dongguan, China, didiagnosis menderita penyumbatan arteri retina di mata kanannya. Ia rupanya menyadari tidak dapat melihat apa pun dengan mata kanannya pada tanggal 1 Oktober, saat memainkan permainan favoritnya, King of Glory.

Wu berpikir itu semua karena lelah, sehingga dia langsung tidur. Namun ketika dia terbangun keesokan harinya, mata kanannya masih tidak bisa melihat.

Orangtuanya membawanya ke rumah sakit. Dokter mendiagnosisnya dengan kondisi serius yang dikenal sebagai penyumbatan arteri retina. Ini biasanya hanya terjadi pada pasien yang lebih tua. Namun, dokter mengatakan mata Wu sangat lelah karena stres terus-menerus menatap layar ponsel pintar kecil.

Wu mengakui sudah menghabiskan lebih banyak waktu bermain di teleponnya. Pada hari biasa, sepulang dari tempat kerja, dia mulai bermain tanpa jeda selama tujuh atau delapan jam berturut-turut. Dia bekerja di bidang keuangan, sehingga menghabiskan sebagian besar waktunya di kantor sambil menatap layar komputer.

Yang lebih buruknya lagi pada hari libur, hampir sepanjang hari dia bermain ponsel pintar dan tidur selama beberapa jam.

"Selama hari libur, saya akan bangun pukul 06.00 pagi, makan pagi dan mulai bermain sampai pukul 16.00 sore. Saya akan berhenti dan makan sesuatu sebelum tidur singkat dan terus bermain sampai pukul 01.00 atau 02.00 pagi. Terkadang, saya bahkan terlalu malas untuk berhenti dan makan," kata petenis berusia 21 tahun itu kepada Sina dan dikutip dari OddityCentral.

Wanita muda itu masih berada di rumah sakit dan dokter berusaha memulihkan penglihatannya. Namun sejauh ini, hanya menunjukkan sedikit kemajuan. Saat memancarkan cahaya di matanya, Wu masih mengaku mata kanannya belum melihat apa pun.

Kasus Wu menjadi viral di media Tiongkok dan dokter mata menggunakan kesempatan tersebut untuk mengingatkan orang menggunakan ponsel cerdas dan komputer selama 30 menit sampai satu jam. Sering-seringlah beristirahat dan melihat ke jarak jauh untuk melemaskan otot fokus mata dan meredakan stres.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.