Sukses

Waspadai Kebiasaan Sepele yang Picu Insomnia

Orang dengan insomnia tidak hanya mengalami kesulitan tidur, tapi juga cenderung sering terbangun pada malam hari.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda terus-menerus terbangun di tengah-tengah malam, maka Anda tidak akan mendapatkan tujuh sampai delapan jam untuk istirahat yang dibutuhkan tubuh. Orang dengan insomnia tidak hanya mengalami kesulitan tidur, tapi juga cenderung sering terbangun pada malam hari.

Saat Anda terbangun di tengah malam dan tetap terjaga lebih dari 30 menit per malam selama lebih dari tiga hari dalam seminggu, maka ini bisa menandakan masalah serius.

Berikut merupakan alasan utama mengapa Anda terus bangun pada malam hari menurut Boldsky, Sabtu (21/10/2017).

1. Anda memiliki Sleep Apnea yang tidak terdiagnosis

Sleep apnea adalah gangguan tidur serius di mana pernapasan sering berhenti selama tidur sehingga menyebabkan Anda terbangun pada malam hari. Penyebab sleep apnea antara lain terjadinya pembesaran amandel atau obesitas. 

2. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan bisa membuat Anda terbangun di tengah malam. Apalagi jika Anda makan makanan besar menjelang tidur. Anda seharusnya berhenti makan saat menjelang waktu tidur atau Anda bisa memilih makanan ringan saja.

3. Stres

Stres bisa membuat tidur Anda terganggu. Jika Anda sedang mengalami stres, cobalah melakukan latihan untuk menenangkan diri sebelum pergi tidur. 

4. Cahaya

Beberapa orang tidak pernah bisa tidur nyenyak jika lampu menyala terang. Pastikan penerangan di kamar Anda disesuaikan kebutuhan sehingga Anda merasa nyaman.

5. Kebisingan

Suara dari luar dan di dalam kamar tidur bisa menjadi sumber kebisingan bagi Anda. Jika Anda tinggal di kota, Anda perlu lebih toleran terhadap suara bising di sekitar Anda.

6. Suhu

Saat Anda tidur, suhu tubuh akan turun dan masuk ke fase pemulihan. Tidur di ruangan yang terlalu dingin atau terlalu hangat akan mencegah Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

7. Pasangan

Tingkah laku pasangan Anda saat tidur, ternyata dapat membuat kualitas tidur Anda terganggu. Suara dengkuran, bangun berkali-kali dan menyalakan lampu untuk menuju ke kamar kecil atau meletakkan tangannya pada Anda saat Anda dalam tidur nyenyak dapat mempengaruhi tidur Anda.

8. Minum terlalu banyak

Anda disarankan untuk buang air kecil sebelum tidur pada malam hari agar tidak terbangun saat malam. Pastikan juga, Anda minum air putih 30 menit sebelum tidur.

9. Penggunaan telepon

Aktivitas Anda saat menggunakan telepon di tempat tidur akan mengekspos mata dari cahaya telepon sehingga mempengaruhi hormon melatonin dalam tubuh. Penggunaan smartphone atau perangkat elektronik yang dekat dengan wajah bisa membuat aktivitas tidur Anda terganggu. Hal ini bisa menjadi salah satu alasan terbangun di malam hari.

10. Minum Alkohol

Anda mungkin berharap ketika mabuk akan bisa tidur nyenyak. Tapi ini bisa mengganggu tidur Anda ketika mabuknya hilang. Anda mungkin akan terbangun di tengah malam.

 

 

 Simak video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.