Coba 3 Sayuran Ini untuk Hilangkan Jerawat

Oleh Melly Febrida pada 21 Okt 2017, 14:00 WIB
Diperbarui 21 Okt 2017, 14:00 WIB
Ini Penyebab Jerawat Muncul Lagi di Wajah Anda
Perbesar
Ini Penyebab Jerawat Muncul Lagi di Wajah Anda

Liputan6.com, Jakarta Lelah karena jerawat tetap tumbuh? Memang sejumlah makanan bisa memicu pertumbuhan jerawat. Akan tetapi, sejumlah makanan ini malah antijerawat, lho.

Studi telah menunjukkan vitamin A memainkan peran penting dalam kesehatan kulit, dan bahkan memperbaiki keriput halus yang terkait dengan penuaan alami.

Dua bentuk vitamin A tersedia dalam makanan manusia, yakni retinol dan karotenoid, yang dapat memperbaiki kesehatan kulit secara keseluruhan.

Mayoclinic mengemukakan diet (RDA) vitamin A yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah sebagai berikut: 900 mikrogram harian (3.000 IU) untuk pria dan 700 mikrogram per hari (2.300 IU) untuk wanita

Pengobatan utama untuk jerawat, terdiri dari penggunaan formulasi farmasi untuk mengendalikan pemutusan, tapi ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa nutrisi dan metabolitnya dapat memengaruhi hidrasi kulit, hiperproliferasi, dan metabolisme. Jadi, berikut tiga makanan vegan yang antijerawat, seperti dilansir EmaxHealth.

Ubi/kentang

Kentang manis masuk dalam nomor pertama dalam daftar makanan vegan yang antijerawat, karena 100 gram kentang tawar yang belum dimasak memberi Anda 19217 IU vitamin A. Dan mengonsumsi ubi jalar dapat sangat meningkatkan kesehatan kulit Anda karena kandungan beta karoten yang tinggi, yang membantu mengubah vitamin A dalam tubuh Anda yang memicu DNA bertanggung jawab untuk memproduksi sel kulit baru. Selain itu, ubi jalar bisa membantu membalikkan depresi, karena sayuran akar ini kaya nutrisi yang biasanya ditemukan habis pada penderita depresi.

Tomat

Tomat skor kedua dalam daftar makanan vegan yang antijerawat, karena penelitian telah mendukung fitonutrien, seperti: lycopene yang ditemukan di tomat, mampu melindungi sel dari kerusakan DNA.

Dalam penelitian hewan, polifenol (sejenis fitonutrien) telah terbukti melindungi kulit dari efek radiasi UV yang merusak, termasuk pengurangan peradangan kulit, stres oksidatif, dan kerusakan DNA. Seratus gram tomat mentah dan matang akan memberi Anda 833IU vitamin A.

Anggur

Nomor ketiga dalam daftar makanan vegan yang anti jerawat adalah buah anggur, karena mengandung sedikit vitamin A jika dibandingkan dengan tomat, memberi Anda 66,0IU per 100 gram. Namun, anggur mengandung Resveratrol, senyawa tanaman polifenol yang memiliki antimikroba, menunjukkan aktivitas antiviral, antijamur, antibakteri, dan antiprotozoal, dan telah terbukti menghambat proliferasi keratinosit, yang berkontribusi terhadap obstruksi folikel dalam pembentukan lesi jerawat.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya