Sukses

Pakaian Pintar Ini Bisa Ikuti Pertumbuhan Anak

Pakaian yang dirancang khusus ini bisa mengikuti pertumbuhan sang anak.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orangtua tentu tahu bagaimana jika membelikan baju baru anak balita. Baru saja beli tapi hanya terpakai sebentar karena pertumbuhan anak yang cepat. Tapi, pakaian pintar ini bisa mengikuti pertumbuhan sang anak.

Pakaian anak tersebut dinamai Petit Pli, yang memenangkan penghargaan Inggris James Dyson dan dijadwalkan untuk dipasarkan. Pakaian Petit Pli dirancang agar sesuai dengan anak-anak berusia empat sampai 36 bulan.

Pencipta Petit Pli Ryan Mario Yasin, seorang insinyur desain dengan gelar teknik penerbangan, terinspirasi menciptakan pakaian setelah dia membeli beberapa pakaian baru untuk keponakannya. Namun saat dia datang untuk memberi hadiah, pakaian tersebut sudah terlalu kecil.

"Anak-anak tumbuh tujuh ukuran dalam dua tahun pertama mereka di bumi dan ini sama saja dengan membuang banyak pakaian," kata Yasin seperti dilansir NewAtlas, Kamis (19/10/2017).

Menurut Yasin, Petit Pil terbuat dari bahan menakjubkan yang tahan air sehingga bisa mengikuti pertumbuhan anak dan bisa menyesuaikan dengan berbagai ukuran. Yasin juga menegaskan, pakaian tersebut tahan banting, tahan hujan, dan tahan angin.

Selain itu, apa yang membuat pakaian ini istimewa dibanding pakaian lain?

"Struktur auxetic telah tertanam pada kain Petit Pli, memberi pakaian itu negatif rasio racunnya," kata perancang.

Sederhananya, itu berarti bahan sintetis yang digunakan untuk membuat pakaian menjadi lebih tebal, bukan lebih tipis, seperti yang Anda harapkan, katakanlah Lycra. Ini adalah jenis barang yang digunakan melindungi tubuh.

Perancang bertujuan untuk membawa Petit Pli ke pasar, setelah menjalani pengujian daya tahan lebih lanjut, dan menggunakan produsen yang sesuai. Model pakaian tambahan juga direncanakan di luar prototipe gambar.

Tidak jelas apakah Petit Pli hanya direncanakan untuk bayi usia balita atau anak yang lebih tua. Ini masih awal dan gagasan dasarnya cukup masuk akal. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.