Apa Iya Setelah Makan Enggak Boleh Mandi?

Oleh Fitri Syarifah pada 19 Okt 2017, 06:30 WIB
Diperbarui 19 Okt 2017, 06:30 WIB
[Bintang] Ilustrasi Mandi
Perbesar
Mandi dengan air dingin bisa mendatangkan segudang manfaat. Nomor 3 sih idaman para cewek banget! (Sumber Foto: Reader's Digest)

Liputan6.com, Jakarta Mandi bukan hanya baik untuk menjaga kesegaran tubuh, namun juga untuk melancarkan peredaran darah. Tapi, mandi ternyata tak dianjurkan setelah makan, mengapa demikian?

Melansir MensXP, Rabu (18/10/2017), mandi setelah makan bisa melemahkan sistem pencernaan. Mandi juga dapat meningkatkan aliran darah sehingga mempengaruhi jumlah darah yang masuk ke perut. Konsekuensinya, Anda bisa mengalami sakit atau kram perut. 

Kendati demikian, Dr. Roshini Rajapaksa, seorang ahli gastroenterologi di New York University School of Medicine, kondisi ini kerap terjadi saat seseorang berenang setelah makan. Namun belum ada penelitian kuat terkait hal tersebut.

Ahli jantung dan penasehat gaya hidup Dr. Philip Chua, seperti dimuat New York Times menyatakan, mandi (terutama yang hangat) memang mengalihkan darah dari perut ke kulit, tapi tidak mengganggu sistem pencernaan secara signifikan.

"Yang terpenting setelah makan, jangan memanjakan diri dengan aktivitas berat yang akan menghabiskan energi dari perut sebab Anda membutuhkan cukup darah untuk pencernaan," pungkasnya.

 

Simak juga video menarik berikut:

 

 

Tag Terkait