Sukses

No Bra Day, Manfaat Tanpa Kutang Seharian

Selain membuat payudara sehat dan kencang, banyak manfaat lain jika Anda tidak mengenakan bra seharian.

Liputan6.com, Jakarta Hari tanpa bra atau yang biasa disebut No Bra Day diperingati perempuan di dunia setiap tanggal 13 Oktober. Peringatan ini bukanlah sebuah gerakan pornoaksi, melainkan sebagai dukungan bagi kesadaran akan kanker payudara atau Breast Cancer Awareness sedunia.

Selain untuk meningkatkan kesadaran bahaya kanker payudara, tidak mengenakan bra seharian ternyata memberi dampak positif bagi kesehatan, misalnya membuat payudara menjadi lebih sehat.

Beberapa hal berikut ini merupakan manfaat yang didapatkan jika Anda tidak mengenakan bra seharian, seperti dikutip dari Bustle, Jumat (13/10/2017).

1. Payudara lebih kencang

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Jean Denis Rouillon, profesor asal University of Francge-Comté, dia menemukan fakta bahwa tanpa bra, payudara menjadi lebih kuat dan kencang.

Efek jangka panjang dari tidak memakai bra menunjukkan bahwa lebih banyak jaringan otot tumbuh untuk membuat payudara kencang secara alami.

2. Anda bisa merasa nyaman sepanjang hari

Dengan tidak mengenakan bra seharian, Anda bisa terbebas dari pengait yang mengekang tulang rusuk. Ini bisa membuat Anda lebih leluasa bergerak dan memberikan kenyamanan sepanjang hari. Selain itu, juga menurunkan risiko sakit punggung akibat pemilihan bra yang tidak tepat. 

 

Saksikan video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat lainnya tidak mengenakan bra yaitu membuat aliran darah lebih lancar di sekitar dada dan membantu membangun jaringan otot, juga menjaga agar kulit Anda tetap kencang.

4. Puting lebih besar

Penelitian Roullion juga menemukan bahwa puting susu wanita yang tidak memakai bra terangkat rata-rata 7 mm lebih tinggi daripada wanita yang memakai bra.

5. Mengenakan bra tidak memberi manfaat jangka panjang

Rouillon melakukan penelitian selama 15 tahun tentang efek bra pada payudara dalam periode waktu tersebut. Dia menemukan bahwa tidak ada manfaat khusus dari pemakaian bra. Dia juga berkata, "Secara medis, fisiologis dan anatomis, payudara tidak mendapat manfaat dari hal tersebut (memakai bra)." 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini