Sukses

Nasi yang Terus Dipanaskan dalam Rice Cooker Picu Diabetes?

Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc mengakui nasi memiliki nilai indeks glikemik tinggi dan bisa meningkatkan atau menurunkan kadar gula darah

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini beredar informasi melalui aplikasi pesan instan WhatsApp tentang larangan memanaskan nasi terus-menerus dalam rice cooker, karena bisa memicu diabetes bahkan kanker. Benarkah hal ini?

Pakar gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc mengakui bahwa nasi memang memiliki nilai indeks glikemik tinggi dan bisa meningkatkan atau bahkan menurunkan kadar gula darah secara cepat.

Misalnya, memasak nasi terlalu lama dalam rice cooker, menyebabkan terjadinya gelatinisasi yang salah satunya meningkatkan nilai indeks glikemik.

"Nasi memiliki nilai indeks glikemik yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Bila terlalu lama dimasak, akan menyebabkan proses gelatinisasi, sehingga akan menurunkan kadar seratnya dan meningkatkan nilai indeks glikemik," ujar dia seperti dilansir dari AntaraNews, Rabu (4/10/2017).

Makanan yang memiliki tingkat glikemik tinggi dapat memicu penyakit diabetes dalam jangka panjang. Beberapa penelitian juga mengaitkan indeks glikemik tinggi dengan obesitas, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Oleh karena itu, Tati menyarankan memasak nasi untuk segera dikonsumsi, bukannya dipanaskan terus-menerus.

"Dengan mendinginkan nasi, maka proses tersebut dapat dihentikan, sehingga tidak akan meningkatkan indeks glikemik. Nasi sekali masak untuk langsung dikonsumsi," kata dia.

(Lia Wanadriani Santosa/AntaraNews)

 

 

Simak juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.