Sukses

Melon Lebih Mahal dari Mobil di Jepang, Kok Bisa?

Buah-buahan di Jepang harganya jauh lebih mahal dibanding di Indonesia, salah satunya bahkan lebih mahal dari mobil.

Liputan6.com, Jakarta Berapa harga buah melon atau semangka di Indonesia? Biasanya, tak sampai Rp50 ribu. Tapi di Jepang, cantaloupe (buah melon berdaging oranye) bisa dijual dengan harga sekitar Rp 2 juta rupiah per buah.

Bahkan, sepasang buah melon Yobari King terjual seharga Rp 350 juta pada sebuah lelang di tahun 2016. Harga dua buah melon ini lebih mahal dari harga mobil baru, bahkan mungkin sama dengan harga satu rumah kecil. Kenapa bisa semahal itu?

Berbeda dengan di Indonesia, yang buah-buahan dijual dimana-mana dengan harga murah, buah-buahan di Jepang jauh lebih mahal. Ketika penduduk Indonesia bisa makan satu buah apel untuk satu orang, di Jepang, satu buah apel akan dipotong-potong untuk satu keluarga.

Hal ini bukan karena kelas ekonomi penduduk Jepang lebih rendah dibanding Indonesia, justru sebaliknya. Namun, dalam budaya Buddha yang dipercayai oleh penduduk Negeri Matahari Terbit itu, buah dianggap sebagai persembahan untuk para dewa.

Kepercayaan dan praktik ini membuat buah dijadikan sebagai simbol penghormatan, menurut CNN, melansir Reader's Digest, Rabu (4/10/2017).

Memberi hadiah adalah bagian penting dalam kebudayaan Jepang, baik untuk atasa, tuan rumah, atau untuk menunjukkan terima kasih. Dan buah sering dijadikan pilihan utama untuk menunjukkan status.

Namun, bukan berarti membayar Rp 350 juta adalah praktik yang umum di Jepang. Tapi bahkan, dalam supermarket standar di Tokyo, satu buah apel saja harganya bisa mencapai Rp 28 ribu. Bedanya, di sana Anda tidak akan menemukan buah-buahan yang bonyok atau penyok, seperti yang mungkin ditemukan di pasar atau supermarket Indonesia. Hanya buah-buahan yang paling sempurna yang akan dijual.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.