Sukses

Manfaat Vaksinasi Influenza Saat Musim Pancaroba

Penyakit musim pancaroba, seperti panas dalam, bisa dicegah dengan vaksinasi.

Liputan6.com, Jakarta Panas dalam yang sering menyerang di musim pancaroba bisa dicegah dengan beragam cara. Selain makan dan minum sedikit lebih banyak, mengonsumsi multivamin baik menggunakan resep dokter maupun tidak, dan mengenakan baju tebal setiap kali bepergian mengendarai sepeda motor, adalah vaksinasi.

"Vaksinasi adalah pesan dari spesialis penyakit dalam. Lakukan vaksinasi influenza satu tahun sekali," kata dr Laurentius Aswin Pramono SpPD M. Epid dalam acara Cegah Panas Dalam di Musim Pancaroba pada Senin, 2 Oktober 2017.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Rumah Sakit Carolus Jakarta menjelaskan, pemberian vaksin influenza ini bisa diberikan sejak usia kanak-kanak, balita, dewasa, sampai orang lanjut usia. Pemberian vaksinasi ini dengan cara disuntik dan perlu diulang setiap tahun.

"Untuk orang yang akan berkunjung ke luar negeri dalam waktu yang lama, atau mau masuk peralihan musim, bisa divaksin influenza," kata Aswin.

Vaksinasi memang bukan jaminan orang tersebut kebal 100 persen. Kemungkinan terkena flu musiman seperti batuk dan pilek masih ada, tapi proses penyembuhannya jauh lebih cepat.

"Dia masih bisa terkena, tapi kalau sudah divaksin, cepat redanya," kata Aswin menekankan.

Hanya saja tren vaksin influenza ini lebih banyak pada anak-anak ketimbang lanjut usia. Padahal, jelas Aswin, lanjut usia rentan terpapar sejumlah penyakit akibat virus karena kekebalan tubuh rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.