Sukses

Pertama Kali, Jumlah Warga Jepang di Atas 90 Tahun Capai 2 Juta

Jepang kembali membuktikan negara dengan angka harapan hidup penduduk yang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Jepang kembali membuktikan sebagai negara dengan penduduk yang memiliki angka harapan hidup tinggi. Baru-baru ini data pemerintah Jepang mengungkapkan untuk pertama kalinya jumlah penduduk berusia di atas 90 mencapai dua juta orang.

Pada 2004, hanya ada sekitar satu juta orang berusia di atas 90 tahun di Jepang. Lalu jumlah tersebut meroket dua kali lipat di 2017 yakni lebih dari dua juta orang di atas 90 tahun. Di Negara Matahari Terbit ini terdapat sekitar 27 persen atau 35 juta orang lanjut usia seperti mengutip Independent, Rabu (27/9/2017)

Walau jumlah orang di atas 90 tahun meningkat, tingkat kelahiran di negara ini menurun. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang pada 2016 jumlah kelahiran hanya di bawah satu juta. Hal ini diprediksi bakal memengaruhi perekonomian negara itu di masa depan. 

Pera peneliti mengungkap, rendahnya angka kelahiran karena anak muda di Jepang terlalu fokus pada karir. Sehingga tidak tertarik menjalani hubungan percintaaan sampai lupa menjalani pernikahan.

Bila tren angka kelahiran terus menurun, populasi penduduk Jepang berkurang di masa depan. Japan National Institute of Population and Social Security Research memprediksi bila saat ini ada 127 juta penduduk, di 2065 bakal hanya 87 juta penduduk Jepang.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini