Resep Bikin Yogurt Sehat dan Murah di Rumah

Oleh Umi Septia pada 17 Sep 2017, 06:00 WIB
Diperbarui 17 Sep 2017, 06:00 WIB
Jangan Sampai Salah Beli, Kamu Wajib Tahu 9 Jenis Yogurt Ini!
Perbesar
Setiap yiigurt miliki kandungan dan manfaatnya masing-masing. Ini dia 9 jenis dan kegunaan yogurt!

Liputan6.com, Jakarta Yogurt merupakan salah satu camilan yang banyak diminati wanita karena rasanya yang segar dan kaya nutrisi. Untuk menikmati yogurt, ternyata tak perlu beli karena Anda bisa membuatnya dengan mudah di rumah.

Mengutip laman Step to Health, Sabtu (16/9/2017), yogurt rendah gula dan tanpa pengawet merupakan camilan sehat yang mudah dibuat. Dengan membuatnya sendiri, Anda pun bisa mengatur kadar gula yang diinginkan.

Untuk membuatnya, siapkan dua liter susu dan setengah cup yogurt alami bebas gula serta gula secukupnya sesuai keinginan Anda.

Cara membuatnya, tuangkan susu ke dalam panci dan hangatkan namun jangan sampai mendidih. Panaskan dengan suhu 200 derajat selama 10 menit untuk mempasteurisasi.

Sebelum mendidih, angkat panci dari api dan biarkan dingin. Gunakan termometer untuk memeriksa apakah suhu sudah turun ke 100 derajat celcius. Jika sudah turun ke suhu tersebut, tambahkan gula dan aduk. Selanjutnya tambahkan yogurt dan kocok sampai tercampur rata.

Selanjutnya, tuang ke dalam cetakan dan tutup dengan alumunium foil dan bungkus dengan kain handuk. Biarkan selama empat jam untuk proses fermentasi. Setelah itu, pindahkan yogurt yang sudah jadi ke wadah lain dan simpan dalam kulkas.

Saksikan video menarik berikut:

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Keuntungan yogurt buatan rumah

Dengan membuat yogurt di rumah, Anda mendapatkan banyak keuntungan sebagai berikut.

1. Yoghurt buatan alam mengandung nutrisi seperti potasium, vitamin A, fosfor, dan kalsium.

2. Yogurt merupakan sumber kalsium yang hebat, ini membantu mencegah osteoporosis.

3. Membantu memperbaiki pencernaan dan mempercepat metabolisme.

4. Natural yougurt memperkuat sistem kekebalan tubuh.

5. Membersihkan flora usus Anda dan membiarkannya menyerap nutrisi dengan lebih baik.

6. Sumber protein dan probiotik. Selain itu, tidak mengandung bahan pengawet dan perasa buatan.

7. Mencegah anemia.

8. Mencegah diare, sembelit dan kram perut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya