Sukses

Ketahui 7 Penyebab Bau Mulut

Liputan6.com, Jakarta Bau mulut atau halitosis adalah masalah serius. Tidak hanya meninggalkan rasa tidak enak di mulut Anda tapi juga pada orang lain. Itu sebabnya kita perlu menggali lebih dalam, dan mencari tahu penyebab pasti bau mulut seperti dikutip dari situs Boldsky, Senin (11/9/2017): 

1. Makanan

Beberapa makanan sebenarnya bertanggung jawab menyebabkan bau mulut. Dan sementara kita semua tahu bahwa bawang merah dan bawang putih cenderung meninggalkan bau busuk di mulut kita, yang kurang dikenal adalah kopi, jus jeruk, keju, dan daging.

2. Kebersihan Oral yang Buruk

Jika Anda tidak menyikat gigi secara teratur, jarang gunakan pembersih lidah, dan sering lupa untuk membilas mulut Anda setelah makan, maka bau mulut mungkin karena partikel makanan yang membusuk masih tertinggal di dalam mulut Anda.

Sebenarnya, meski Anda melakukan segalanya dengan benar, Anda akan tetap memiliki bau mulut jika Anda gagal mengunjungi dokter gigi setidaknya setiap tahun sekali. Mengapa?

Endapan keras tumbuh di sekitar gigi kita secara alami dari waktu ke waktu (karena mineral dalam air liur kita). Dan simpanan ini tidak bisa dilepas dengan menyikat gigi secara teratur.

Jadi mereka hanya duduk di sana di mulut, mendorong pertumbuhan bakteri, dan menyebabkan bau mulut, sampai Anda membuat janji dan mengunjungi dokter gigi.

3. Tembakau dan Produknya

Apakah itu rokok, atau tembakau dalam segala bentuknya sangat berbahaya bagi kesehatan. Dan, tak hanya merusak kesehatan, tembakau dan produknya juga bisa mengganggu keseimbangan dalam mulut sehingga menyebabkan bau. Tembakau dan produknya juga bisa berujung pada kanker mulut.

4. Mulut Kering

Salivasi itu baik dan bisa menyiram semua partikel penghasil bau dan bakteri di mulut Anda. Itu sebabnya ketika mulut kita mengering, jadi bau mulut. Hal ini bisa terjadi secara alami (seperti saat kita tidur), atau secara patologis (karena beberapa masalah medis yang mendasarinya).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Obat dan Infeksi

5. Sinusitis

Kondisi medis ini membawa serta sejumlah masalah. Dan bau mulut adalah salah satunya. Saat sinusitis, sinus kita terisi dengan lendir, yang tidak menemukan jalan keluar dari rongga. Jadi tetap stagnan dan tidak disalurkan, dan segera mulai melepaskan senyawa berbau busuk, yang mencapai jalan napas.

6. Infeksi di Mulut

Hal ini dapat sesederhana stop kontak gigi yang kosong, atau serumit periodontitis, namun infeksi di mulut selalu menyebabkan bau mulut karena produk perusak bakteri yang terbentuk.

Jadi jika Anda memiliki bisul mulut, penyakit gusi, atau baru saja menjalani operasi mulut, disarankan agar Anda membilas mulut Anda setelah setiap makan dengan air asin agar tidak memburuk dari masalah.

7. Obat-obatan

Obat-obatan selalu memiliki efek samping. Dan terkadang itu termasuk xerostomia (istilah medis untuk mulut kering), yang sudah kita ketahui adalah salah satu penyebab bau mulut. Obat-obatan yang menginduksi xerostomia ini termasuk obat yang digunakan untuk mengobati depresi, tekanan darah tinggi, angina, sakit maag, alergi, dan kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.