Sukses

Usai Konsumsi Minuman Manis, Kenapa Masih Haus?

Rasa haus kembali muncul setelah minum minuman manis terkait dengan lonjakan kadar gula dalam darah

Liputan6.com, Jakarta Baru sekitar 10 menit lalu menenggak minuman manis ice choco mint, tapi rasa haus sudah kembali mendera. Jika Anda sering mengalami hal itu, tenang ini bukanlah hal aneh tapi lumrah dirasakan banyak orang.

Jika Anda memesan segelas ice blended campuran buah-buahan atau sayur dengan menambahkan cokelat, kacang-kacangan, frozen yoghurt, dan sirup serta disajikan dalam gelas ukuran besar, smoothies yang tadinya sehat akan menjadi perusak diet Anda. (Istimewa)

Menurut pakar, rasa haus kembali muncul usai mengonsumsi minuman manis gara-gara lonjakan kadar gula dalam darah. 

"Saat gula sampai ke aliran darah, kandungan air bergerak dari sel-sel menuju aliran darah agar kembali seimbang usai kehadiran gula," kata profesor endokrin dari Boston University School of Medicine, Amerika Serikat, Caroline Apovian.

Ketika sel-sel kehilangan air, sel-sel itu segera mengirim sinyal ke otak bahwa tubuh kembali butuh air. Pada saat inilah Anda merasa haus.

 


Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rasa haus dalam waktu cepat

"Rangkaian ini begitu cepat. Glukosa (gula) masuk tubuh lalu diserap usus lalu masuk ke aliran darah dengan cepat. Mungkin Anda bisa haus sekitar lima atau 10 menit usai mengonsumsi minuman manis," tutur Apovian lagi mengutip Time, Rabu (6/9/2017).

Ketika rasa haus ini muncul, segera minum air putih untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan. "Saat hal ini terjadi, jangan malah pesan minuman manis lain ya karena malah bakal memasukkan banyak gula ke dalam tubuh," pesan Apovian.

Tak ada salahnya saat Anda membeli minuman manis jangan lupa juga untuk menyediakan air putih. Ketika rasa haus melanda, Anda bisa langsung menyeruput air putih, bukan minuman lain. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini