Bertukar Lipstik dan 3 Benda Ini Timbulkan Masalah Kesehatan

Oleh Bella Jufita Putri pada 24 Agu 2017, 10:00 WIB
Diperbarui 24 Agu 2017, 10:00 WIB
Salah satu bagian tubuh paling menarik adalah bibir. Warna lipstik pun dapat disesuaikan dengan zodiak supaya Anda tampil lebih menarik.
Perbesar
Salah satu bagian tubuh paling menarik adalah bibir. Warna lipstik pun dapat disesuaikan dengan zodiak supaya Anda tampil lebih menarik. (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Bagi wanita, bertukar benda pribadi seperti alat makeup jenis maskara, bedak, dan lipstik adalah hal lumrah. Namun, tak semua wanita sadar jika benda-benda ini dapat menimbulkan masalah kesehatan yang mengerikan.

Mengutip laman Bright Side, Kamis (24/8/2017), virus yang menyebabkan penyakit herpes rupanya mudah tertular lewat lipstik atau lip gloss. Hal ini terjadi ketika selaput lendir atau air liur mulut yang menyisa di kuas lipstik dapat bersentuhan dengan bibir lainnya. 

Untuk menghindari masalah kesehatan tersebut, sebaiknya gunakan tisu atau kertas untuk membersihkan kuas lipstik sebelum menggunakannya untuk menghindari kotoran dan bakteri yang mungkin saja tertinggal di sana.

Selain lipstik, berikut beberapa benda pribadi yang tidak boleh dipinjamkan atau digunakan bersama-sama untuk menghindari masalah kesehatan.

2 dari 3 halaman

Earphone

[Bintang] 5 Cara Simpel Mendapatkan Tubuh Wangi Sepanjang Hari
Perbesar
Ilustrasi deodoran

Lubang earphone yang sempit dan sulit dibersihkan dapat menjadi sarang berkumpulnya bakteri. Terlebih, jika Anda meminjamkan benda ini ke orang lain juga dapat meningkatkan risiko berpindahnya bakteri pada kotoran telinga.

Tak jarang hal ini memicu terjadinya infeksi telinga dan kondisi mengerikan lainnya. Jika Anda ingin meminjam benda ini, sebaiknya bersihkan dengan cotton bud dan oleskan cairan pembersih khusus atau alkohol. Minimal bersihkan earphone Anda seminggu sekali.

Deodoran

Meski benda ini memiliki sifat antibakteri, sayangnya permukaan bola pada deodoran bila bersentuhan dengan kulit orang lain dapat berisiko berpindahnya bakteri. Apalagi, bakteri inilah yang dapat menyebabkan bau keringat menjadi-jadi.

3 dari 3 halaman

Handuk

Handuk Bersih
Perbesar
Ilustrasi Foto Handuk (iStockphoto)

Bertukar atau meminjamkan handuk ke orang lain benar-benar akan mendatangkan masalah kesehatan yang menjijikan. Handuk yang lembap dapat meningkatkan pertumbuhan jamur dan bakteri yang akan hinggap di kulit Anda.

Ahli higienis menyarankan agar mengganti benda pribadi ini setiap empat hari sekali dan pastikan Anda tidak menggantungnya di tempat yang lembap.

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by