Sukses

3 Ramuan Rumahan untuk Atasi Sembelit

Tiga ramuan yang bisa Anda buat di rumah untuk mengatasi sembelit.

Liputan6.com, Jakarta Sembelit merupakan kondisi tidak nyaman yang terjadi saat seseorang mengalami sulit buang air besar. Saat mengalami sembelit, usus mengalami kendala pencernaan. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Mengutip laman Step to Health, Kamis (24/8/2017) sembelit harus cepat ditangani. Jika tidak diatasi dari awal, perasaan tidak nyaman dan gejala lainnya seperti sakit perut dan menggigil menjadi tidak tertahankan.

Salah satu mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan berserat dan banyak minum air untuk mengoptimalkan saluran pencernaan.

Selain itu, berikut ini tiga [ramuan](ramuan "") yang bisa Anda buat di rumah untuk mengatasi sembelit.

1. Biji rami

Biji rami memiliki efek membersihkan yang baik pada saluran intestinal yang terdiri dari mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus, dan anus. Biji rami dapat membantu menghilangkan rasa tidak nyaman pada pencernaan dan sembelit. Selain itu, biji rami juga membantu mengeluarkan tinja dengan mudah.

Cara membuatnya, didihkan air lalu tuangkan ke dalam cangkir dan tambahkan sesendok biji rami. Biarkan selama 6 menit lalu saring dan minum airnya. Konsumsi dua kali sehari yaitu sebelum sarapan dan setelah makan malam.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Oat

Oat berguna untuk mencegah serangan konstipasi. Selain itu, oat meningkatkan konsistensi tinja dengan sangat cepat dan membantu kelancaran pencernaan di usus besar.

Cara membuatnya, seduh oat dalam air mendidih dan biarkan selama enam menit sampai oat mengendap dan larut. Saring dan minum.

3. Teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu herbal yang dipercaya mengatasi sembelit. Selain itu, teh hijau juga membantu menurunkan berat badan dan mengeluarkan retensi cairan.

Minumlah teh hijau dua kali sehari sebelum makan untuk mengatasi sembelit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sembelit dikenal juga dengan istilah konstipasi. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan gangguan atau masalah pada sistem pencernaan

    Sembelit

  • Ramuan