Sukses

4 Manfaat Hebat Berlatih Wushu Seperti Lindswell Kwok

Ternyata ini manfaat luar biasa dari gerakan mengagumkan Lindswell Kwok yang disuguhkan di cabang olahraga wushu.

Liputan6.com, Jakarta Prestasi gemilang yang dihasilkan atlet Wushu Indonesia di Sea Games 2017, membuat cabang olahraga ini kian digemari masyarakat. Gerakan-gerakan mengagumkan yang disuguhkan Lindswell Kwok, Juwita Niza, dan Felda Elvira berbuah medali emas. Ternyata olahraga bela diri ini menyimpan sederet manfaat kesehatan.

Fakta-fakta yang diungkap oleh dr. Michael Triangto, SpKO ini dijamin akan membuat kita tertarik untuk mendalami wushu. Apa saja?

"Keunikan dan manfaat wushu itu terlihat dari gerakannya. Harus luwes dan bertenaga. Pada saat-saat tertentu dibarengi dengan lompatan yang membutuhkan koordinasi gerak," beritahu dokter Michael Triangto kepada HEALTH-Liputan6, Rabu (23/82017).

Dokter ramah kelahiran Jakarta, 28 Oktober 1959 ini turut bangga dengan keberhasilan Lindswell Kwok meraup emas yang diikuti oleh dua rekannya, Juwita dan Felda. Menurutnya, wushu itu memiliki banyak kelebihan dibanding beladiri yang lain.

"Wushu ini tidak cukup hanya dengan latihan teknik. Ada 4 faktor yang saling menyatu di sini, yaitu kelenturan, kekuatan, keseimbangan, dan kelincahan. Latihan yang baik akan membuat koordinasi gerakan kaki menjadi lebih sempurna," terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wushu bisa membuat badan lebih Lentur

Alumnus Spesialis Kedokteran Olahraga di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini membeberkan fakta seru lainnya.

"Wushu dengan tinju jelas berbeda. Tinju itu pakai kecepatan dan kelincahan, tapi tidak bisa luwes seperti wushu. Begitu pula dengan karate dan pencak silat, karena beladiri ini memungkinkan untuk menggunakan alat seperti tongkat dan pedang," jelas denulis buku Jalan Sehat dengan Sports Therapy ini.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.