Sukses

Selain Menyegarkan, Berikut 7 Manfaat Makan Mentimun

Mulai dari cegah bau mulut sampai mendukung kesehatan jantung merupakan manfaat mentimun.

Liputan6.com, Jakarta Setiap kali makan ayam atau ikan penyet biasanya disertai dengan lalapan berupa potongan mentimun. Rasanya yang segar membuat mentimun pas untuk jadi makanan penutup.

Menurut aneka studi, mentimun memiliki manfaat antidiabetes, antioksidan tinggi, serta membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi mentimun juga memberikan tujuh manfaat ini, seperti mengutip Huffington Post, Senin (21/8/2017).

1. Kaya air

Sekitar 92 persen kandungan mentimun adalah air. Bila mengonsumsi lima ons mentimun artinya sudah mengasup 150 ml air.

2. Mendukung kesehatan jantung

Mentimun mengandung kalium yang penting untuk menurunkan tekanan darah. Sebuah studi menunjukkan bila asupan kalium seseorang tercukupi, menurunkan risiko terkena stroke atau penyakit jantung lainnya.

3. Lindungi otak

Kandungan antiperadangan bernama fisetin yang terdapat dalam mentimun berperan penting bagi kesehatan otak. Salah satunya mengurangi potensi terkena penyakit saraf serta membantu menjaga fungsi kognitif.

4. Kurangi risiko terkena kanker

Polifenol dalam mentimun berpotensi mengurangi risiko terkenan penyakit kanker. Selain itu, ada kandungan bernama cucurbitacin dalam mentimun yang merupakan senyawa antikanker.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah bau mulut

5. Kurangi nyeri

Antiperadangan dalam mentimun bernama flavonoid terbukti membatasi pelepasan radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu mampu mengurangi rasa sakit atau nyeri. Hal ini terungkap dalam Journal of Young Pharmacist yang mengatakan: secara tradisional mengonsumsi mentimun dapat digunakan untuk mengurangi sakit kepala.

6. Cegah bau mulut

Kaya serat dan air membuat sayuran seperti mentimun mampu mendorong produksi air liur. Sehingga mampu membersihkan bakteri penyebab bau mulut.

7. Jaga berat badan sehat

Tak perlu takut mengonsumsi mentimun dalam jumlah banyak. Mentimun merupakan salah satu yang rendah kalori tapi kaya serat. Sehingga mampu membuat perut kenyang serta mencegah konstipasi.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.