Sukses

Adakah Cara Hilangkan Karang Gigi secara Alami?

Ada beberapa bahan alami yang bisa membantu Anda menghilangkan karang gigi.

Liputan6.com, Jakarta Karang gigi terbentuk akibat makanan sisa di antara gigi dan gusi. Zat ini terdiri dari garam dan limbah mineral. Akibatnya, permukaan gigi dipenuhi dengan bintik-bintik kuning.

Dilansir dari laman Step to Health, Sabtu (19/8/2017), penggunaan sikat gigi yang benar dapat mencegah timbulnya plak dan karang gigi.

Selain itu, berkumur dengan mouth wash dan menggunakan benang gigi dapat membantu Anda menyingkirkan bakteri dan karang gigi.

Jika karang gigi mulai terbentuk, hal terbaik yang dilakukan adalah menghilangkan karang di dokter gigi. Selain itu, ada beberapa bahan alami yang bisa membantu Anda menghilangkan karang gigi.

1. Baking soda

Baking soda sudah digunakan selama berabad-abad untuk membersihkan dan memutihkan gigi.

Untuk menghilangkan karang, Anda hanya perlu memasukkan sedikit baking soda ke dalam wadah. Kemudian, basahi sikat gigi dengan sedikit air, dan tutupi sikat gigi dalam bubuk baking soda. Sikat gigi yang memiliki karang.

2. Apel

Mengonsumsi apel dengan kulitnya sebagai makanan penutup lebih sehat daripada pilihan lainnya. Selain itu, ini dapat membantu Anda membersihkan gigi secara alami.

Dengan cara ini, plak gigi Anda tidak akan menumpuk. Anda juga akan memiliki gusi yang lebih sehat dan mencegah perdarahan.

3. Jeruk

Kandungan vitamin C dalam jeruk dapat mencegah berkembangnya mikroorganisme pada gigi.

Anda bisa meminum jus jeruk setiap pagi atau menggosok bagian dalam kulit jeruk di gigi Anda sebelum tidur.

4. Minyak wijen

Minyak wijen dapat membantu menghilangkan plak dan memutihkan gigi.

Caranya, berkumurlah satu sendok makan biji wijen. Kemudian sikatlah gigi Anda dan berkumur dengan air hangat.

5. Stroberi dan tomat

Tomat dan stroberi kaya akan vitamin C. Untuk menghilangkan karang gigi, gosokkan stroberi dan tomat pada gigi secara rutin.

Saksikan video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.