Sukses

Bahan Kimia Tersembunyi dalam Sereal Bisa Bikin Gemuk

Di dalam sereal ada bahan kimia yang bisa membuat gemuk. Anda masih ingin sarapan sereal atau tidak?

Liputan6.com, Los Angeles, Amerika Serikat Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali makan semangkuk sereal untuk sarapan pagi. Penelitian dari Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles, Amerika Serikat, menunjukkan, sereal membuat orang jadi gemuk.

Hasil studi yang diterbitkan di jurnal Nature Communications pada 9 Agustus 2017 menuliskan, bahan kimia yang biasa digunakan pada sereal sarapan memiliki efek yang menyulitkan tubuh.

Peneliti menemukan, salah satu bahan kimia bernama butylhydroxytoluene (BHT), yang merupakan antioksidan. Bahan ini digunakan di banyak sereal sarapan untuk menjaga rasa dan penampilan sehingga mencegah sereal berubah menjadi tengik.

Bahan kimia ini juga ditemukan pada produk makanan lain, seperti kue dan keripik tertentu. Dr Dhruv Sareen, asisten profesor Ilmu Biomedis di Biomedical Sciences, Cedars-Sinai Medical Center, menunjukkan BHT menghasilkan efek merugikan yang paling kuat.

Bahan kimia ini merusak hormon komunikasi antara otak dan perut. Saat sistem tubuh ini rusak, bisa menyebabkan Anda makan berlebihan dan menambah berat badan. Anda pun bisa gemuk, ditulis dari Canoe, Sabtu (12/8/2017).

BHT telah lama dibahas sebagai bahan tambahan yang berpotensi berbahaya. Namun, penelitian sebelumnya tidak pernah melihat dampaknya pada manusia.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.