Sukses

Tidur Berlebihan, Mimpi Buruk Datang

Studi menemukan keterkaitan antara tidur berlebihan dengan potensi mimpi buruk.

Liputan6.com, Jakarta Mengalami mimpi buruk tidaklah menyenangkan. Perasaan jadi tidak nyaman dan deg-degan saat bangun yang kemudian bisa berdampak seharian. Studi sudah menemukan keterkaitan antara tidur berlebihan dengan potensi terjadi mimpi buruk yang lebih besar.

Peneliti dari University of Oxford Inggris mengungkapkan, tidur berlebihan merupakan penyebab terbesar munculnya mimpi buruk, seperti mengutip Medical Daily, Jumat (3/8/2017).

Tidur dalam durasi yang panjang membuat kondisi rapid eye movement jadi lebih lama. Pada fase REM tersebut, tidur sudah dalam kondisi lelap dan mimpi biasa muncul di fase ini. Hal ini menyebabkan potensi hadirnya mimpi termasuk mimpi buruk meningkat. Ada baiknya mengikuti saran pakar untuk tidur antara 6-8 jam setiap hari. 

Bukan hanya durasi tidur, studi di 2015 mengungkapkan ketakutan atau kegelisahan juga memicu mimpi buruk. Hal ini terjadi karena emosi negatif yang dirasakan bermanifestasi pada mimpi.

Pada orang depresi sekitar 28 persen mengalami mimpi buruk paling tidak sekali dalam seminggu. Sementara orang tanpa gejala depresi paling hanya dua persen yang mengalami mimpi buruk. *

 
Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mimpi buruk atau nightmares adalah mimpi yang mengganggu dan terasa nyata. Anda dapat terbangun dari tidur nyenyak dengan rasa takut

    Mimpi Buruk

  • Mimpi

Video Terkini