Pentingnya Tanamkan Nilai Kebaikan dalam Keluarga

Oleh Nilam Suri pada 02 Agu 2017, 13:30 WIB
Diperbarui 02 Agu 2017, 13:30 WIB
nilai kebaikan keluarga
Perbesar
Merayakan 95 tahun berada di Indonesia, Frisian Flag mengadakan kampanye "95 Pesan untuk Masa Depan" tentang nilai kebaikan keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 1 Agustus 2017 kemarin, Frisian Flag merayakan 95 tahun keberadaannya di Indonesia. Selama 95 tahun berada di Tanah Air, Frisian Flag menyaksikan bagaimana keluarga yang kuat, sehat secara fisik dan mental, juga memegang teguh pesan kearifan yang penuh dengan nilai-nilai kebaikan. Dan nilai-nilai ini lantas diwariskan dari generasi ke generasi.

Sosiolog dari Universitas Indonesia, Dr. Paulus Wirutomo, M.Sc, menjelaskan tentang pentingnya nilai-nilai kebaikan dalam keluarga. Menurutnya, keluarga adalah tempat pertama bagi seseorang untuk belajar tentang kehidupan sebagai warga masyarakat yang baik.

Belajar sebagai warga masyarakat yang baik, menurut Dr. Paulus, termasuk belajar tentang nilai-nilai kehidupan, norma, sikap dan perilaku. Apa yang ditanamkan di dalam keluarga akan menjadi pegangan hidup yang penting bagi seseorang dalam berperilaku di tengah masyarakat.

"Itu sebabnya keluarga menjadi elemen penting dalam menyiapkan generasi yang kuat, sehat secara fisik dan mental, agar dapat berkontribusi secara positif terhadap bangsa dan negara," ujar Dr. Paulus, mengutip rilis pers kampanye "95 Pesan untuk Masa Depan" yang dilakukan oleh Frisian Flag, ditulis Rabu (2/8/2017).

Dr. Paulus juga mengingatkan, pesan dan nilai-nilai kebaikan yang ditanamkan dalam keluarga ini juga pasti akan dihadapkan dengan berbagai pengaruh lain seiring perkembangan zaman, dan akan diuji seiring berjalannya waktu. Namun menurutnya, karena mengandung nilai-nilai kebaikan, hal ini akan selalu menjadi bahan pertimbangan penting dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan yang tengah dihadapi oleh tiap generasi keluarga sebagai pegangan hidup.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya