Sukses

Jenis Bau Mulut Ini Menandakan Tubuh Sedang Tak Sehat

Jika ditelaah lebih dalam, bau mulut ternyata dapat menandakan penyakit tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Masalah bau mulut tidak hanya menurunkan kepercayaan diri saja, tapi juga bisa menandakan masalah kesehatan tertentu.

Menurut dr. Ellen Theodora, dari Klikdokter.com, Senin (31/7/2017) beberapa bau mulut dan bau yang keluar dari badan berikut ini sering kali dikaitkan dengan berbagai jenis penyakit berikut ini.

1. Bau mulut seperti buah-buahan

Bau mulut yang mirip seperti bau buah-buahan menandakan gejala penyakit diabetes.

Theodora mengatakan, secara medis jika proses penghasilan energi tidak berjalan dengan baik, maka gula darah akan meningkat dan sel mulai membakar asam lemak yang disebut keton. Keton dalam darah ini yang nantinya akan meninggalkan bau seperti buah-buahan pada napas Anda.

2. Feses berbau busuk

Feses yang berbau busuk bisa jadi petanda dari intoleransi laktosa atau ketidakmampuan tubuh mencerna laktosa.

Menurut dr. Ryan Ungaro, Asisten Profesor Gastroenterologi di Rumah Sakit Mount Sinai, New York, mengatakan, “Ketika usus kecil tidak menghasilkan cukup enzim yang disebut laktase, maka Anda tidak dapat mencerna laktosa yang ditemukan dalam produk susu.”

Laktosa merupakan gula yang terdapat pada susu dan produk susu lainnya. Ketika seseorang diindikasi ini maka gejala yang paling sering muncul adalah mual, kembung, diare, dan BAB yang berbau busuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.