Sukses

Posisi Mencuci Piring Seperti Ini Bisa Bahayakan Tulang Belakang

Saat mencuci piring usahakan dengan posisi dan gerakan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Sadar tidak sadar saat menyikat gigi atau mencuci piring tubuh sering kali membungkuk yang dapat merugikan tulang punggung atau tulang belakang Anda. Lantas bagaimana posisi yang aman untuk tulang punggung saat melakukan aktivitas tersebut?

Melansir laman Bright Side, Jumat (28/7/2017) berikut aktivitas sehari-hari yang dapat merugikan tulang belakang dan harus segera diubah.

1. Menyikat gigi


Usahakan tangan menyentuh kaca atau dinding yang sejajar dengan pundak Anda. Ini berguna untuk menjaga tulang belakang tidak membungkuk dan merusak postur tubuh.

2. Mencuci piring


Taruh kursi dan letakkan kaki sambil ditekuk di atas kursi untuk menjaga tubuh tetap tegak.

3. Mengepel lantai


Biasakan untuk menggunakan kain pel yang lengkap dengan gagangnya. Sebab mengepel lantai dengan cara membungkuk dapat menyebabkan ketegangan kaki dan punggung.

4. Memakai sepatu


Dianjurkan untuk memakai sepatu sambil duduk. Ini berguna untuk menjaga tulang belakang terhindar dari tekanan yang menyebabkan nyeri.

5. Mengambil barang tidak dengan jengket

Sadar tidak sadar, semua orang sering kali memaksakan mengambil barang di tempat yang lebih tinggi dengan jengket atau jinjit. Ini dapat menyebabkan Anda kram, nyeri dan merusak postur tulang belakang. Sebaiknya gunakan kursi untuk mengurangi tekanan yang berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.