Laser Wajah Ini Bisa Selesaikan Semua Masalah Kulit

Oleh Bella Jufita Putri pada 31 Jul 2017, 07:00 WIB
Beautylogica clinic Sudirman, laser Nd-YAG treatment

Liputan6.com, Jakarta Untuk memperbaiki semua permasalahan kulit tentu membutuhkan perawatan ekstra. Meski semua perawatan tak ada yang kilat, tapi perawatan laser wajah satu ini disebut-sebut bisa membantu mengusir segala masalah di wajah.

dr. Clarissa Nathasia, dokter estetika dari Beautylogica Clinic, mengatakan laser wajah jenis Nd-YAG dapat bantu atasi permasalahan kulit wajah yang kompleks secara efektif. Apalagi laser wajah ini bisa mengusir segala masalah kulit wajah dengan sekali perawatan saja.

"Kegunaan laser ada macam-macam jenisnya, yang laser Nd-YAG ini manfaatnya bisa untuk skin rejuvenate (angkat sel kulit mati), mencerahkan wajah, ngencengin kulit juga," kata Clarissa kepada Health-Liputan6.com, Minggu (30/7/2017).

Jenis laser ini juga sekaligus membantu mengecilkan pori-pori wajah, mengurangi kadar minyak, mengurangi dan mencegah jerawat, juga menghilangkan bekas jerawat. Menurut Clarissa, semua jenis kulit dapat melakukan perawatan ini. Khususnya, bagi kulit berminyak dan kering.

"Kalau yang kulitnya berminyak, ini bisa mengurangi produksi minyak, tapi bagi yang kulitnya kering ini juga bisa membantu produksi minyak dan kulit bisa lembap alami. Kecuali mukanya lagi sunburnt banget itu enggak kita rekomendasikan karena nanti merah dan panas makin parah," katanya.

Soal efek samping, Clarissa mengatakan sangatlah minim. Sebab, bahan dan alat yang digunakan sudah aman dan tertera di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Bahan laser wajah yang digunakan berasal dari karbon aktif yang mampu menyerap racun dengan maksimal. Di bidang medis, bahan ini sudah diujikan dan aman untuk perawatan kulit.

"Rata-rata kalau laser efek sampingnya minimal banget, kalau kulitnya sensitif ya setelahnya agak sedikit merah, tapi satu dua jam (akan) hilang," ujarnya.

 

2 of 3

Proses perawatan laser Nd-YAG

Sebelum melakukan perawatan ini, Clarissa menyarankan agar pasien tidak menggunakan pelembap atau krim malam untuk wajah dengan kandungan alkohol. Minimal, tiga hari sebelum perawatan Anda harus menghentikan segala produk wajah yang mengandung alkohol.

"Laser ini kan mengantarkan panas, nah kalau pakai krim malam atau apapun yang mengandung alkohol dia akan iritasi nanti," kata Clarissa.

Tahap awal dari perawatan ini akan dilakukan oleh perawat. Wajah akan dibersihkan terlebih dahulu dengan sabun khusus wajah dan menggunakan spons untuk membilas sisa sabun di wajah. Menurut Melda, perawat di Beautylogica Clinic, spons lebih efektif mengangkat lemak atau sel kulit mati di wajah yang tidak bisa terjangkau dengan tangan.

Selanjutnya, setelah wajah bersih dan kering, perawat akan mengoleskan cairan karbon bertekstur sedikit kental. Jangan kaget jika Anda mencium aroma yang sedikit menyengat, sebab bau dari karbon memang tercium seperti logam dan agak hangus.

Setelah wajah dilumuri karbon tersebut, kedua mata akan ditutup dengan kapas dan kacamata khusus yang berfungsi untuk melindungi dari cahaya laser dan dokter Clarissa akan melakukan laser wajah.

Laser akan ditembakkan perlahan ke wajah selama 20 sampai 30 menit. Tak perlu takut dengan rasa sakit atau panas di wajah, sebab dokter akan menyesuaikan suhu panas pada alat laser dengan seberapa tahan pasien dengan suhu panas.

"Untuk bagian wajah yang paling bermasalah misalnya, ada jerawatnya atau mau menghilangkan bekas jerawat, nanti akan ditembakkan laser dengan ekstra daripada lokasi lain yang tidak terlalu bermasalah," kata Clarissa.

Beautylogica clinic Sudirman, laser Nd-YAG treatment (Liputan6.com/Immanuel Antonius) 

Wajah akan dibersihkan kembali dengan air bersih dan Anda akan merasakan kelembutan kulit dan wajah nampak lebih cerah dari sebelumnya.

3 of 3

Berapa kali laser nd-yag boleh dilakukan?

Untuk pengulangan laser wajah nd-yag ini biasanya disarankan dua sampai tiga minggu sekali. Menurut Clarissa, tergantung dari kebutuhan, permasalahan kulit dan jenis kulitnya.

"Tergantung indikasinya, kalau fungsinya untuk skin rejuvenate saja bisa dua sampai tiga kali sekali seminggu, ada juga yang mau ngilangin tanda lahir itu biasanya empat minggu sekali dan ada enam kali pengulangan," katanya.

Untuk biaya perawatan laser Nd-YAG di Beautylogica Clinic ini dimulai dari satu juta rupiah.

 

Lanjutkan Membaca ↓