Sukses

Apa Penyebab Bau Mulut Saat Bangun Tidur?

Bau napas saat bangun tidur disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Saat bangun tidur, sering kali mulut kita beraroma tidak sedap. Jenis bau mulut yang dialami atau dirasakan oleh setiap orang pun berbeda. Misalnya bau mayat, bau telur busuk, bau daging, dan bau ikan.

Mungkin banyak di antara kita yang penasaran apa penyebab napas bau saat bangun tidur?

Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun YouKuper di vidio.com, dijelaskan bahwa penyebab napas bau saat bangun tidur adalah bakteri.

Saat kita tidur, bakteri menjalankan misinya dan berkembang biak dengan menggerogoti sisa makanan di dalam mulut.

Proses pemecahan protein sisa-sisa makanan dalam mulut inilah yang menghasilkan bau tidak sedap karena mengandung zat sulfur dan membuat napas menjadi bau. Selain itu, posisi mulut yang cenderung tertutup rapat saat tidur tidak memungkinkan adanya sirkulasi udara untuk membebaskan senyawa kimia tersebut.

Sebenarnya tidak hanya di malam hari, bakteri juga menjalankan misinya di siang hari.

Namun karena pada siang hari mulut sedang aktif melakukan aktivitas seperti makan, minum dan mengunyah kelenjar pun memproduksi air liur sepanjang hari.

Kemudian, kita menelan makanan dan air liur sehingga bakteri tidak memiliki kesempatan banyak seperti saat kita tidur.

Selain bakteri, faktor lainnya yang membuat napas bau saat bangun tidur adalah makanan yang dikonsumsi sejak siang hingga menjelang tidur. Beberapa makanan memiliki peran dalam menciptakan bau tak sedap yang disebut "saliva".

Terlepas dari dua faktor tersebut, bau nafas saat bangun tidur juga tergantung dari gaya hidup yang dijalani. Apakah Anda termasuk orang yang selalu menggosok gigi sebelum tidur atau membiarkan bakteri berkembang biak?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini