Sukses

Perbaiki Kualitas Tidur dengan Olahraga

Menurut ahli, rutin berolahraga dapat memperbaiki kualitas tidur individu.

Liputan6.com, Jakarta Anda yang malas olahraga sebaiknya mulai biasakan untuk melakukan olah tubuh secara rutin. Menurut profesor neurologi dan direktur UCLA Sleep Disorders Center, Alon Avidan, olahraga rutin dapat memperbaiki kualitas tidur.

"Olahraga rutin secara konsisten, tiga sampai empat kali seminggu, setidaknya 30 menit jauh lebih baik dibandingkan berolahraga seminggu sekali selama dua jam," kata Avidan kepada Huffington Post.

Melakukan olahraga secara konsisten sangat penting. Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa orang-orang dengan insomnia bisa tidur lebih nyenyak setelah melakukan olahraga rutin selama empat bulan, lapor New York Times.

Avidan juga merekomendasikan olahraga aerobik berbasis daya tahan untuk meningkatkan tidur yang lebih baik. Berjalan, berenang, bersepeda dan jalan cepat semuanya membantu. Selain itu, penting untuk berolahraga di pagi atau sore hari.

Menurut Manager Sleep Disorders Lab di Kingston General Hospital dan Queen's University, Helen Driver, olahraga dengan intensitas tinggi sebelum tidur dapat mengganggu tidur . Jika Anda ingin melakukannya, cobalah sesuatu yang tidak terlalu berat.

"Berolahraga, jika dilakukan rutin dapat memperbaiki kualitas tidur. Latihan peregangan, lari secara teratur, hingga latihan kekuatan. Yoga bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang, " kata Driver.

Alasan berolahraga bisa membantu tidur terletak pada suhu tubuh. Olahraga menyebabkan panas tubuh Anda meningkat secara dramatis dan kemudian perlahan mendingin selama beberapa jam setelah aktivitas berakhir. Avidan mengatakan penurunan suhu tubuh inti yang stabil ini menandakan otak bahwa sudah waktunya tidur. Mandi air hangat di malam hari juga bisa memicu proses yang sama.

Avidan juga menekankan bahwa penting untuk menyingkirkan perangkat elektronik Anda sebelum tidur. "Cahaya buatan membuat sangat sulit tertidur karena membuat jam sirkadian sangat aktif," jelasnya.

Biasakan berolahraga secara konsisten dan Anda akan terbangun di pagi hari dengan perasaan segar.

Penulis: Michelle Tania 

 

Saksikan juga video menarik berikut: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.