Sukses

4 Makanan Tepat Saat Didera Refluks Asam Lambung

Tidak ada makanan yang mampu mencegah refluks asam lambung, tapi ada beberapa makanan yang membantu meringankan kondisi ini.

Liputan6.com, Jakarta Refluks asam lambung merupakan kondisi ketika asam lambung naik ke kerongkongan yang menimbulkan sensasi seperti terbakar (heartburn). Selain itu juga membuat sensasi nyeri di dada dan perut kembung.

Secara medis refluks asam lambung dikenal sebagai gastroesophageal reflux disease (GERD). Kondisi ini terjadi ketika Lower Esophageal Sphincter tidak sepenuhnya tertutup, sehingga ada isi perut naik ke kerongkongan seperti disampaikan dokter yang juga penulis The Complete Idiot's Guide to The Acid Reflux Diet, Maria Bella.

Selain heartburn, Bella menambahkan gejala utama kondisi refluks asam lambung adalah sulit menelan, batuk, dan cenderung memburuk ketika berbaring.

Beberapa makanan ada yang memperburuk kondisi. Diantaranya daging olahan, makanan yang digoreng, alkohol, citrus, dan soda seperti mengutip Good Housekeeping, Rabu (25/7/2017).

Tidak ada makanan yang mampu mencegah GERD, tapi ada beberapa makanan yang membantu meringankan kondisi ini. "Walau tidak ada bukti kuat akan klaim ini, namun beberapa makanan berikut dalam sejumlah studi kecil mampu meringankan gejala refluks asam lambung," kata Bella.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan tepat saat refluks asam lambung

Berikut keempat makanan yang mampu meringankan refluks asam lambung:

1. Pepaya

Enzim papain yang terdapat dalam pepaya dikenal mampu membantu memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, enzim protelolitik dan serat pada buah ini merupakan sumber asam lemak rantai pendek yang baik.

2. Jus lidah buaya

"Sifat antiperadangan mampu meringankan peradangan pada kerongkongan akibat refluks," kata Bella.

3. Pisang

Buah satu ini mengandung asam yang rendah serta mampu mengurangi ketidaknyamanan pada lapisan esofagus saat refluks terjadi.

4. Permen karet

Permen karet meningkatkan produksi air liur yang mampu menetralkan asam lambung. "Hal ini juga menggerakkan asam lambung di kerongkongan lebih cepat," lanjut Bella.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.