Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Amankah Bercinta Selama Trisemester Pertama Kehamilan?

Selama trimester pertama kehamilan, apakah aman bercinta dengan pasangan?

Liputan6.com, Jakarta Usai mendapat pemeriksaan positif kehamilan, Anda dan pasangan pasti bahagia. Kehidupan seks pun bisa berubah. Anda mungkin bertanya, apakah aman bercinta selama trisemester pertama kehamilan.

"Bagi kebanyakan wanita, bercinta selama trisemester pertama kehamilan sangat aman," kata Dr Rebecca C Brightman, seorang asisten profesor di Icahn School of Medicine, Mount Sinai, New York, dikutip dari Romper, Selasa (25/7/2017).

Beberapa dokter mengatakan, ada ibu hamil yang menghindari bercinta selama trisemester pertama. Hal ini dikarenakan mereka mengalami pendarahan. Namun, dalam kehamilan normal, bercinta tetap aman dilakukan.

Dr Sherry Ross, dokter obstetri dan ginekolog di Santa Monica, California menambahkan, perubahan hormonal saat hamil, seperti kelelahan dan ketakutan terhadap keguguran mungkin tidak membuat seks menjadi prioritas utama.

Tapi bercinta selama kehamilan tidak menyebabkan keguguran.

"Anda dapat melakukan hubungan seksual dan bentuk aktivitas seksual lainnya selama trisemester pertama kehamilan," kata Ross. "Tapi jika Anda mengalami bercak pada vagina, pendarahan atau kram rahim, maka Anda tidak dapat bercinta sampai dokter memberikan lampu hijau untuk mengizinkan Anda bercinta."

Pendarahan dan bercak pada vagina dapat meningkatkan risiko keguguran. Sebaiknya, hindari untuk bercinta. 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.