Sukses

Ibu Hamil Sebaiknya Hindari Antibiotik, Kenapa?

Antibiotik dipercaya menjadi penawar segala penyakit. Meski begitu ibu hamil harus menghindarinya sebisa mungkin. Alasannya?

Liputan6.com, Jakarta Antibiotik dipercaya menjadi penawar segala penyakit. Meski begitu ibu hamil harus menghindarinya sebisa mungkin. Alasannya?

Menurut sebuah penelitian yang dilansir Boldsky, Selasa (25/7/2017) konsumsi antibiotik selama kehamilan dapat membahayakan kesehatan anak baik dalam kandungan atau pun saat dia tumbuh dewasa.

Peneliti mengklaim, antibiotik dapat memicu risiko gangguan radang usus pada anak di kemudian hari. Temuan ini didapat dari hasil uji coba pada tikus.

Antibiotik yang dikonsumsi ibu hamil dapat menyebabkan perubahan tertentu pada tingkat mikroba usus. Ini akan mengganggu keseimbangan sistem di dalam tubuh.

Perubahan ini akan mempengaruhi bayi dalam kandungan sehingga dapat meningkatkan inflamasi usus pada anak. Selain itu antibiotik dapat menghambat pertumbuhan bakteri baik yang dapat menguntungkan janin, sehingga menyebabkan perubahan pada sistem kekebalan tubuh bayi nantinya.

Peneliti menuturkan, ibu hamil wajib berhati-hati dalam mengkonsumsi antibiotik selama kehamilan dan menyusui. Asal dalam mengkonsumsi antibiotik akan membahayakan kesehatan anak. Inilah yang membuat banyak dokter tak pernah memberikan resep antibiotik pada pasiennya yang hamil. 

 

Saksikan video menarik berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.