Sukses

Trik Mudah Bedakan Benjolan Kelenjar Tiroid dan Getah Bening

Ada cara mudah membedakan benjolan kelenjar tiroid dan getah bening di leher.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sulit mendeteksi, apakah benjolan di leher yang dialami termasuk kelenjar tiroid atau getah bening. Ternyata ada trik mudah membedakan benjolan dari kedua kelenjar tersebut.

Benjolan kelenjar tiroid terletak di bagian tengah leher. Kalau pada pria, benjolan kelenjar tiroid terlihat menonjol tepat di bawah jakun.

"Ciri khas benjolan tiroid itu benjolan akan bergerak seiring seseorang sedang menelan. Karena kelenjar ini menempel pada tulang rawan, yang berfungsi untuk menelan. Pergerakan benjolan pun dari bawah ke atas," ungkap ahli endokrin Fakultas Kedokteran UI-RS Cipto Mangunkusumo, dr Farid Kurniawan, SpPD.Berbeda dengan benjolan kelenjar getah bening.

Ditemui usai acara Sehatkah Tiroidmu? Mengenal Hipotiroid, Hipertiroid, dan Kanker Tiroid di Shangri-la Hotel Jakarta ditulis Minggu (23/7/2017), dr Farid menambahkan, kelenjar getah bening tidak menempel pada tulang rawan, yang berfungsi untuk menelan.

"Kelenjar getah bening itu terlihat tidak bergerak. Letaknya bisa di samping leher (kiri-kanan leher). Kalau kelenjar tiroid itu sudah pasti letaknya di bagian tengah leher," tambahnya.

dr Farid juga menyarankan, lakukan pemeriksaan segera bila terlihat benjolan di leher. Pastikan terlebih dahulu, apakah benjolan itu kelenjar tiroid atau getah bening.

Pembesaran kelenjar tiroid dan getah bening yang dibiarkan dapat berkembang menjadi kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.