Sukses

Bentuk Dukungan Instagram untuk Anda yang Depresi Berat

Seperti ini bentuk dukungan Instagram untuk pengidap depresi berat

 

Liputan6.com, Jakarta Sudah satu tahun lebih Instagram memperkenalkan alat (tools) guna mendukung orang-orang dengan masalah kesehatan mental, seperti depresi. Alat pelaporan anonim itu akan muncul saat pengguna mengetik tanda pagar #depression di kolom pencarian.

"Kata-kata atau tag yang Anda cari sering mendorong perilaku yang dapat menyebabkan kerusakan dan bahkan kematian. Jika Anda mengalami sesuatu yang sulit, kami ingin membantu,"

itu kata-kata yang muncul sebelum Instagram memunculkan foto-foto yang berkaitan dengan tanda pagar itu.

Bentuk Dukungan Instagram untuk Pengidap Depresi

Di bawah kata-kata tersebut muncul tautan yang mengarah kepada "bantuan".

"Apabila saat ini sedang mengalami masalah yang sulit dan membutuhkan dukungan, berikut bantuan dari kami,". Setelah itu ada tiga pilihan bantuan yang disediakan; bicara dengan teman, tersambung ke saluran bantuan, dan tips dan dukungan untuk pengidap depresi.

Sebelum membuat alat ini, pihak Instagram terlebih dulu berkonsultasi dengan pakar kesehatan mental. Sebab, di saat bersamaan, pihak mereka berusaha mengerti bentuk dukungan yang dibutuhkan oleh teman, keluarga, atau orang terdekat yang lain mengalami depresi.

"Alata-alat ini dirancang untuk memberi tahu bahwa Anda dikelilingi oleh orang-orang yang peduli terhadap Anda," kata pihak Instagram, Levine, seperti dikutip dari Wired pada Jumat, 21 Juli 2017.

Lebih lanjut disebutkan, alat ini merupakan langkah besar guna membantu jutaan orang yang menderita masalah kesehatan mental. Sesuai sebuah studi yang diterbitkan di dalam Journal of Adolescent Health pada awal 2016 bahwa depresi ini secara tidak langsung dapat "menular", yang membuat pengidap lain berani melakukan hal yang sama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.