Sukses

Masak Wortel Baiknya Dikukus atau Direbus?

Agar tetap bisa mendapatkan nutrisi wortel, sebaiknya bahan pangan ini diolah dengan cara apa ya?

Liputan6.com, Jakarta Wortel merupakan salah satu sayuran kaya vitamin. Mulai dari vitamin A, C, dan K serta kalsium, mineral, antioksidan, folat, dan karotenoid yang dibutuhkan tubuh. Agar tetap bisa mendapatkan nutrisi wortel, sebaiknya bahan pangan ini diolah dengan cara apa ya?

Profesor bidang pangan dari University of Parma, Italia, Nicoletta Pellegrini dan kolega mencoba memasak wortel dengan direbus, dikukus dan digoreng. Hasilnya jika ingin mendapatkan asupan nutrisi karotenoid jawabannya adalah dengan direbus.

"Merebus wortel mampu membuat karotenoid keluar dari struktur sel, tapi bukan berarti larut ke air," kata Pellegrini mengutip Time, Kamis (20/7/2017).

Kandungan karotenoid dalam wortel dipercaya dapat menangkal radikal bebas dan zat-zat buruk lainnya yang berasal dari luar tubuh.

Bila ingin mendapatkan kandungan sehat yang lain seperti vitamin C dan antioksidan sebaiknya tidak direbus, melainkan dikukus.

"Bila ingin mendapatkan nutrisi dari sayuran kaya polifenol (salah satu jenis antioksidan) seperti wortel sebaiknya dimasak dengan dikukus," saran Pellegrini. *

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini