5 Hewan Ini Dinamai dengan Nama Presiden Amerika Serikat

Oleh Liputan6.com pada 26 Jun 2018, 17:30 WIB
Diperbarui 28 Jun 2018, 17:13 WIB
Cara Modern Memanen Madu Tanpa Harus Mengganggu Lebah

Liputan6.com, Jakarta Studi tentang taksonomi merupakan ilmu pengelompokan makhluk hidup. Yang menarik, para ilmuwan di bidang ini telah memberi nama spesies temuan baru dari nama Presiden Amerikas Serikat. Bukan untuk menghinanya, melainkan sebagai ekspresi kekaguman sekaligus untuk menarik minat publik terhadap pekerjaan mereka.

Untuk menghormati lahirnya kemerdekaan Amerika, beberapa nama Presiden AS telah diabadikan ke dalam sebuah spesies, seperti yang dilansir dari laman Live Science, Selasa (26/6/18).

1. Tawon Washington

Dinamai setelah George Washington, Heterospilus washingtoni adalah tawon parasit yang hidup di Kosta Rika. Meski ada sedikit persamaan taksonomi antara makhluk ini dan ayah dari Amerika Serikat. Genus Heterospilus yang beragam mencakup sekitar 280 spesies yang dikenal.

2. Jefferson moluska

Martin Lister menerbitkan gambar sisa kerang yang belum diklasifikasikan pada 1687. Chesapecten jeffersonius menjadi fosil kerang pertama di Amerika Utara yang diterjemahkan dalam literatur ilmiah. Jenis kerang ini terletak di Virginia dan C. jeffersonius dinobatkan sebagai fosil resmi negara.

3. Carter darter

Umumnya dikenal sebagai degr bluegrass, ethostoma jimmycarter berdiam di baseline drainase Sungai Hijau di Kentucky dan Tennessee. Ini mendapat moniker dari Jimmy Carter, yang warisannya mencakup perluasan Sistem Taman Nasional untuk mencakup perlindungan 104,3 juta hektar tanah Alaska.

4. Trump double

Ahli biologi Kanada, Vazrick Nazari, menemukan spesies baru ngengat kecil. Kemiripan ngengat ini dengan corak khas Donald J. Trump terlalu mencolok untuk diabaikan. "Alasan untuk memilih nama ini adalah untuk memberi perhatian publik yang lebih luas terhadap kebutuhan untuk terus melindungi habitat yang punah di AS yang masih mengandung banyak spesies yang tidak dapat dikunjungi," tulis Nazari dalam sebuah ulasan terhadap Neopalpa donaldtrumpi pada bulan Januari 2017. "Nama ini dipilih karena kemiripan kepala ngengat dengan gaya rambut Mr. Trump. "

5. Clinton's beaded darter

Etheostoma clinton (nama dari Bill Clinton), perancang manik-manik, berasal dari Arkansas, khususnya Caddo bagian atas dan Sungai Ouachita bagian atas. Ilmuwan lingkungan, Steve Layman, yang menggambarkan ikan tersebut pada 2012 mempersembahkannya kepada presiden ke-42 untuk menyatukan pekerjaan lingkungan, yang mencakup pelestarian jutaan hektar hutan belantara dan perlindungan hutan nasional agar ditingkatkan.

MichelleTania