Sukses

Terapkan Pola Makan Ini untuk Menstabilkan Tekanan Darah

Perubahan kecil pada gaya hidup bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Liputan6.com, Jakarta Tekanan darah tinggi (hipertensi) kini banyak diderita orang-orang modern. Bila kondisi itu dibiarkan, orang dengan tekanan darah tinggi berisiko terkena penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Ada beberapa faktor pemicu yang diduga memengaruhi risiko seseorang terkena hipertensi meningkat. Di antaranya, usia di atas 65 tahun, konsumsi garam berlebih, memiliki riwayat hipertensi, serta gaya hidup tidak sehat.

Menurut ahli nutrisi Amerika Serikat, Rosanne Rust, gaya hidup memang berperan besar memengaruhi kesehatan seseorang. Padahal, cukup dengan melakukan perubahan kecil bisa menurunkan tekanan darah.

"Hindari merokok, atur stres, serta rutin berolahraga. Lalu, bila Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan bisa menjadi strategi efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi," kata Rust.

Mengutip Good Housekeeping, Rabu (5/7/2017), salah satu cara yang bisa Anda jajal untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yakni dengan tiga trik makan berikut:

1. Ada sayur dan buah setiap kali makan

"Konsumsi tiga sampai lima porsi buah dan sayur setiap hari diikuti dengan mengurangi asupan garam bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik hingga 13 poin," kata Rust.

2. Batasi garam

Batasi asupan garam per hari. Disarankan hanya maksimal mengonsumsi garam lima atau enam gram per hari.

3. Konsumsi kacang

Segenggam kacang sehari bisa membantu menjaga kesehatan jantung serta efektif membantu menurunkan tekanan darah. Namun, perlu diingat, kacang tidak digoreng tetapi dipanggang.

 

 

Saksikan juga video berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.