Sukses

Pasutri Lebih Bahagia Saat Berbagi Tugas Rumah Tangga

Ayah yang membantu pekerjaan rumah tangga dapat memberikan efek pernikahan yang bahagia.

Liputan6.com, Columbia, Amerika Serikat Anda mungkin tidak menyangka, salah satu rahasia pernikahan bahagia adalah melakukan pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci baju dan memasak. Dalam hal ini, pekerjaan rumah tangga tak hanya menjadi kewajiban ibu, para ayah pun ikut melakukannya.

Hal tersebut terungkap berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Family Issues.

"Dalam penelitian kami, para istri menganggap, keterlibatan ayah melakukan pekerjaan rumah tangga dapat memperbaiki kualitas pernikahan lebih baik," kata Adam Galovan, peneliti di University of Missouri, Columbia, Amerika Serikat.

Galovan juga menemukan, suami dan istri ternyata lebih bahagia saat mereka berbagi tugas pekerjaan rumah tangga. Namun, pekerjaan rumah tangga tidak harus dibagi rata.

Yang terpenting adalah kedua orangtua secara aktif berpartisipasi melakukan pekerjaan rumah tangga.

Selain itu, melakukan pekerjaan rumah tangga tampaknya kunci penting bagi suami agar makin dekat dengan istri mereka, ditulis dari Today, Senin (3/7/2017).

Penelitian ini mengolah data dari sebuah penelitian Utah Department of Health tahun 2005, yang diambil dari lisensi pernikahan pasangan yang menikah kurang dari satu tahun.

Dari data tersebut, Galovan menyurvei 160 pasangan antara 21 dan 55 tahun. Mayoritas peserta (73 persen) berusia antara 25 dan 30 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.