Sukses

Manusia Bisa Hidup sampai Usia 150 Tahun Lebih di Masa Depan

Suatu hari nanti, manusia bisa hidup sampai usia 150 tahun atau lebih.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda ingin panjang umur dan hidup lebih lama? Jika ya, hal ini mungkin bisa tercapai. Kabar menggembirakan datang dari studi terbaru yang dilakukan ilmuwan asal McGill University di Kanada.

Peneliti melihat usia kehidupan manusia terpanjang, dari Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Jepang tiap tahun sejak 1968. Hasilnya, manusia bisa hidup lebih lama lebih dari 150 tahun.

Para peneliti percaya, tubuh manusia tidak memiliki batas usia maksimum yang pasti.

"Kami hanya tidak tahu berapa batas usia maksimum manusia yang pasti. Tapi kami dapat menunjukkan, rentang hidup maksimum dan rata-rata usia manusia dapat terus meningkat di masa yang akan datang, " kata peneliti Siegfried Hekimi, dikutip dari Mother Nature Network, Sabtu (1/7/2017).

Penelitian ini menganalisis tingkat harapan hidup maksimum, yang berbeda dengan tingkat harapan hidup rata-rata manusia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan hidup makin meningkat

Harapan hidup makin meningkat

Tingkat harapan hidup rata-rata meningkat secara dramatis dalam 100 tahun terakhir. Pada 1920, harapan hidup rata-rata di Kanada sekitar 60 tahun. Pada 1980, tingkat harapan hidup mencapai 76 tahun, dan pada masa milenial ini meningkat sampai usia 82 tahun.

"Tiga ratus tahun yang lalu, banyak orang hidup dalam usia yang relatif pendek," kata Hekimi. Jika kita memberi tahu mereka, suatu hari nanti, manusia bisa hidup sampai usia lebih dari 100 tahun. Mungkin mereka akan mengatakan, pemikiran kami ini dianggap gila.

Penelitian yang berjudul Many possible maximum lifespan trajectories ini dipublikasikan di jurnal Nature pada 28 Juni 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.