Cara Cegah Makan Berlebihan di Hari Lebaran

Oleh Bella Jufita Putri pada 24 Jun 2017, 11:00 WIB
Diperbarui 24 Jun 2017, 11:00 WIB
[QUIZ] Makanan Lebaran Apakah Kamu?
Perbesar
Intip kepribadianmu lewat kuliner yang selalu tersaji saat Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta Selain berkumpul bersama sanak saudara, yang identik dari hari Lebaran ialah makanan dan minumannya yang khas. Namun, usai melahap semua makanan enak itu, kerap kali individu mengalami kenaikan berat badan.

Sebelum Anda mengalami kondisi ini, dr. Nadia Octavia dari Klikdokter.com menyarankan untuk mengontrol porsi makan selama Lebaran seperti berikut ini, Jumat (23/6/2017).

1. Kontrol diri sendiri

Hindari makan dalam porsi banyak. Ambil makanan dengan piring kecil dan makan dengan perlahan. Sebisa mungkin, jangan duduk dekat dengan meja makan atau tempat makanan agar Anda tak tergoda untuk menambah lagi dan lagi.

2. Kurangi gula

Lapis legit, putri salju, dan kue kering lainnya memang dapat memanjakan mulut di hari Lebaran. Namun, jangan sampai terlena.

Nadia mengatakan, semua makanan dan minuma pencuci mulut pasti mengandung gula, dan jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Apalagi sajian manis berbahaya bagi penderita kolesterol dan diabetes.

"Kalori dua buah kue sagu keju, misalnya, memang hanya 46 kalori. Namun, biasanya orang akan memakannya terus-menerus hingga tak terasa sudah ludes setengah stoples. Jika demikian, bayangkan saja berapa kalori yang akan masuk ke tubuh?" kata Nadia.

2 dari 2 halaman

Sarapan gandum

3. Sarapan sebelum berkunjung ke rumah saudara

Sepulang salat Idul Fitri, Nadia menyarankan untuk sarapan terlebih dahulu. Pilih juga sarapan yang tinggi serat dan rendah kalori, seperti oatmeal dan roti gandum.

"Dengan begitu, Anda akan kenyang lebih lama sehingga tidak makan berlebihan saat berkunjung ke rumah saudara nantinya," ujarnya.

4. Batasi makanan berlemak dan santan

Rasanya sayang jika melewatkan ketupat, opor ayam, dan sambal goreng ati pada hari Lebaran. Namun, tahukah Anda bahwa satu sendok makan santan bisa menyumbang 34 kalori? Jadi, ketika Anda sedang menyendok ketupat, gulai, dan opor, ingatlah untuk mengurangi porsinya.

Lanjutkan Membaca ↓