Sukses

Sifat-Sifat Jokowi yang Bisa Dijadikan Teladan

Kami rangkum sifat-sifat dari Jokowi yang dapat dijadikan tauladan di hari ulang tahunnya yang jatuh pada hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Sebentar lagi Jokowi genap tiga tahun menjabat sebagai orang nomor satu di republik ini. Selama kurun waktu itu banyak hal sudah dia lakukan, terutama menjadikan Indonesia lebih baik lagi di segala aspek.

Dari kacamata psikolog, segala tindak tanduk Jokowi selama bertugas dapat dijadikan suri tauladan oleh rakyat. Kesederhanaan, adalah hal paling mengagumkan dari seorang Jokowi.

"Banyak hal baik yang bisa kita teladani dari Jokowi. Kesederhanaan, sudah pasti. Kemudian, dia itu sosok yang bersahaja dan sangat rendah hati, padahal dia adalah orang nomor satu," kata Guru Besar Psikologi Politik Universitas Indonesia, Hamdi Muluk kepada Health Liputan6.com pada Rabu (21/6/2017).

Menurut Hamdi, segala pandangan tentang presiden yang kaku, menakutkan, dan berjarak berubah di tangan Jokowi. "Di tangan beliau sosok presiden tidak lagi angker. Jokowi lebih santai, tidak banyak protokoler, dan kekuasaan tidak lagi menakutkan," kata dia menambahkan.

Iring-iringan rombongan Presiden Jokowi pernah dihadang oleh warga di kawasan Jalan Tulukbessy, Kecamatan Sirimau, Ambon, pada Kamis, 9 Februari 2017.

Aksi yang terbilang nekat ini warga lakukan lantaran ingin berfoto bersama dengan Jokowi. Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) memang sempat turun tangan, belarian untuk menghalau aksi warga tersebut.

Namun, yang terjadi kemudian, mobil Presiden berhenti dan Jokowi langsung turun untuk menyapa warga.

Dari kasus itu saja, Hamdi menilai bahwa Jokowi bisa membuat seorang Presiden tidak lagi berjarak dengan dengan orang-orang kebanyakan.

"Kita lihat saja, dari banyak kunjungannya ke daerah, dia bisa turun dari mobil, lalu dengan santainya menemui rakyat yang menunggunya," kata Hamdi.

Jokowi benar-benar tampak tampil lebih genuine (asli) dan otentik. Tak banyak bungkus-bungkus formal.

Sifat lain dari Jokowi yang tak banyak dimiliki pemimpin kebanyakan adalah punya gaya yang khas dalam menyenangkan hati masyarakatnya.

Contoh kecilnya, mengenai kegemaran Jokowi yang suka memberikan pertanyaan remeh tapi membuat orang jadi berpikir.

"Sebutkan nama-nama ikan dan ambil sana sepedanya adalah bukti bahwa pejabat publik pun bisa cair dengan rakyatnya," kata Hamdi menekankan.

Lebih lanjut, Jokwoi yang hari ini berumur 56 tahun memang tak tampak sangar, cenderung santai dan tidak terlalu formalitas. Namun, dalam mengambil kebijakan, Hamdi menilai Jokowi adalah sosok yang tegas.

"Buktinya, menteri-menteri yang tidak perform langsung diberhentikan saja sama Jokowi," kata Hamdi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.