Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Bisakah Berhubungan Intim Saat Sembelit?

Sembelit menjadi kecemasan, apakah Anda bisa tetap berhubungan intim.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda menolak berhubungan intim karena mengalami konstipasi (sembelit)? Kondisi ini memang sangat tidak nyaman bila Anda memaksakan diri berhubungan intim. Sembelit menimbulkan rasa tidak nyaman pada dinding posterior (uretra) vagina.

Menurut seksolog Dr V Raina, saat sembelit kolon (usus besar) dan rektum penuh dengan tinja. Pergerakan usus yang tidak teratur dapat menyebabkan kram dan kembung.

Tak heran, berhubungan intim saat Anda tidak bisa buang air besar selama tiga hari atau lebih bisa sangat tidak nyaman.

Anda perlu mengingat, rektum berada tepat di belakang vagina sehingga berhubungan seks bisa menjadi sulit, ditulis dari The Health Site, Selasa (20/6/2017).

Berhubungan intim saat kolon penuh dengan tinja bisa membuat Anda berisiko terkena infeksi. Tinja yang tersimpan di rektum kemungkinan membawa bakteri saat bergerak menuju anus.

Bakteri juga bisa masuk ke vagina atau uretra sehingga meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.

Namun bukan berarti saat sembelit Anda harus menjauhkan diri dari seks. Anda hanya perlu memastikan, kegiatan seksual yang Anda lakukan tidak akan memberikan tekanan tambahan pada area perut. Posisi woman-on-top atau doggy-style bisa menjadi pilihan aman untuk sesi bercinta Anda.

Sebelum Anda mencoba posisi seks lainnya, pastikan minum banyak air putih dan konsumsi asupan serat untuk melunakkan tinja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.