Sukses

Begini Tangani Luka Luar Hingga Memar dengan Benar

Jangan panik saat mengatasi luka luar, memar, atau luka karena terjepit. Seperti apa penanganannya? Simak disini.

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit individu yang panik saat mengalami kecelakaan ringan maupun besar dan menyebabkan tubuh penuh luka. Padahal, Anda hanya perlu menekan luka di titik-titik tertentu untuk menghentikan pendarahan.

Luka luar

Untuk penanganan luka luar, balut, tekan, dan ambil posisi tidur agar posisi luka berada di atas jantung. Posisi tidur ini bertujuan untuk memperlambat aliran darah.

Namun, jika pendarahan tidak berhenti dalam sepuluh menit, segera bawa ke klinik atau rumah sakit terdekat.

Luka luar yang disebabkan oleh gigitan hewan juga harus ditangani oleh dokter sesegera mungkin. Termasuk jika ada benda asing masuk ke area yang terluka.

Luka memar

Memar merupakan luka dalam ditandai dengan kulit kebiruan dan bengkak. Cara menanganinya dengan memberikan tekanan agar pendarahan di dalam kulit berhenti.

Gunakan juga kompres dingin untuk bantu mengurangi luka bengkak dan pendarahan dalam 48 jam pertama dikutip dari Klikdokter.com, Minggu (18/6/2017).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.