Sukses

Jangan Khawatir, Anak Lahir Prematur Juga Cerdas di Sekolah

Anak yang lahir prematur, nilai akademisnya terbukti bisa bersaing dengan anak lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Para orang tua tak perlu khawatir dengan kemampuan akademik sang buah hati yang lahir prematur. Asalkan distimulus dengan baik, anak lahir prematur bisa masuk sekolah pada usia yang sama dengan anak lahir normal. Lalu, nilai akademis mereka juga bersaing dengan anak lahir normal.

Kabar bahagia ini disampaikan dalam Journal of the American Medical Association (JAMA). Disebutkan bahwa anak yang lahir prematur, bahkan prematur ekstrem (usia kandungan masih 23 atau 24 minggu), saat sekolah bisa berprestasi seperti anak normal lainnya.

Pada beberapa anak, lahir prematur malah memiliki skor tinggi pada aneka tes-tes akademik standar. Dari studi yang dilakukan pada anak-anak di Florida, Amerika Serikat, menunjukkan ada sekitar 1,8 persen anak lahir prematur mendapatkan penghargaan istimewa di sekolah, seperti mengutip Time, Kamis (15/6/2017).

Satu zat bernama HA telah ditemukan untuk melindungi janin dari kelahiran prematur

Memang ada anak yang lahir prematur memiliki nilai akademis tidak baik. Dari studi yang dilakukan pada anak-anak di Florida, Amerika Serikat, menunjukkan 33,5 persen anak yang lahir prematur ekstrem memiliki nilai akademis rendah.

Temuan ini menunjukkan bayi yang lahir prematur, bahkan prematur ekstrem, bukan berarti mengganggu proses tumbuh kembangannya. Ketika orangtua dan dokter bekerja sama yang terbaik pada awal kehidupan mereka, saat besar ia bisa bersaing dalam hal akademis dengan anak lainnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.