Sukses

Mahasiswa Unair Ciptakan Pembersih Toilet dari Daun Sirih

Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya membuat pembasmi bakteri toilet dari ekstrak daun sirih.

Liputan6.com, Jakarta Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya membuat pembasmi bakteri toilet dari ekstrak daun sirih.

Mahasiswa Pendidikan Apoteker Fakultas Farmasi Unair Husniatul Fitriah, Malisda Irwantri Leonald, Hatif Indra Nur Septiyanti, Muhammad Aviv Addin, dan Rendha Kusumaning Kristiwi menamai obat semprot itu Hezer.

"Kami memutuskan untuk membuat obat semprot ini dalam proposal program kreativitas mahasiswa yang didanai Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi karena masalah sanitasi masih menjadi salah satu masalah terbesar kesehatan di Indonesia," kata Husniatul, Selasa.

Dia mengutip data World Economic Forum bahwa kualitas toilet Indonesia berada pada peringkat 40 dari 140 negara dan bahwa toilet umum di Indonesia yang memenuhi standar kebersihan baru mencapai 50 persen.

Bakteri-bakteri yang bersarang di toilet umum seperti E. coli, S. aureus, dan K. pneumonia, ia menjelaskan.

"Herbal Sanitizer merupakan produk toiletries dengan ekstrak daun sirih yang ampuh membasmi bakteri dengan cara yang cukup praktis, yakni cukup disemprotkan pada dudukan toilet umum dilap bila perlu dan toilet umum bersih siap digunakan," tutur Husnia.

Indra mengatakan pembasmi bakteri berbahan ekstrak daun sirih itu punya kemampuan lebih besar untuk menghambat perkembangan bakteri.

Daun sirih, Indra menjelaskan, mengandung turunan fenol yakni kavikol dan kavibetol, yang memiliki daya antiseptik, antioksidan, dan fungisida dengan aktivitas antibakteri enam kali lebih efektif daripada senyawa flouride dan fenol biasa.

Selain itu, Hezer dibuat dalam kemasan 30 mililiter sehingga praktis dibawa kemana-mana.

"Satu botol Hezer dapat digunakan hingga 30 kali. Hezer disemprotkan di lima titik dudukan toilet umum dengan jarak penyemprotan 25 cm dari permukaan dudukan toilet. Tunggu lima detik, maka dudukan toilet akan mengering dengan sendirinya dan siap untuk digunakan," tutur Indra.

Indra dan teman-temannya menjual Hezer dengan harga Rp16ribu per botol dan sudah menjual 152 produk Hezer ke konsumen di Jawa dan Sumatera.

Selain membuat pembersih dari daun sirih, Rendha menambahkan, timnya akan membuat tisu basah berbasis produk Hezer. (Maryati/ANTARANEWS)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.