Sukses

Manfaat Super Keju Bisa Cegah Tuli

Inilah jenis keju yang dapat mencegah kita dari tuli.

Liputan6.com, Jakarta Para ilmuwan mengklaim mengunyah keju stilton bisa memperbaiki pendengaran dan bahkan mencegah ketulian.

"Keju mengandung senyawa kimia yang disebut D-methionine. Senyawa ini telah terbukti dapat memperbaiki kerusakan sel saraf di telinga hewan," tulis periset, seperti dimuat laman Daily Star, Selasa (13/6/2017).

Untuk menguji pada manusia, saat ini sekitar 600 tentara di Angkatan Darat AS menjalani diet keju untuk membuktikan teori tersebut. Keju diberikan pada prajurit yang terpapar ledakan keras sehingga mengalami kerusakan telinga bagian dalam.

Paparan suara keras yang berlangsung terus-menerus dapat merusak sel saraf seperti rambut halus di koklea, bagian berbentuk spiral dari telinga dalam yang membantu mengirim sinyal suara ke otak, tulis Dailymail.

Satu teori yang paling kuat adalah suara keras dapat memicu pelepasan bahan kimia berbahaya yang disebut radikal bebas, dan dapat dinetralisasi oleh D-methionine.

"Kita sekarang hanya perlu menunggu apakah keju memiliki khasiat yang sama pada manusia," ujar dokter yang ikut dalam uji klinis tersebut.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.