Sukses

Jemur Baju Dalam Rumah dan 7 Kebiasaan yang Bikin Kamu Sakit

Ada beberapa kebiasaan lain yang perlu menjadi perhatian karena membuat gampang sakit. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Sering kali kita tak sadar bahwa kebiasaan sehari-hari membuat tubuh jadi gampang sakit. Sebut saja menjemur pakaian di dalam rumah, kebiasaan ini bisa memicu bakteri karena lembap.

Selain itu, ada beberapa kebiasaan lain yang perlu menjadi perhatian. Berikut ulasannya, seperti dilansir Step to Health, Jumat (9/6/2017):

1. Menjemur pakaian di dalam rumah

Kebiasaan ini biasanya sering terjadi di musim hujan. Jadi pakaian basah dijemur di dekap dapur atau dekat jendela terbuka sehingga ada udara.

Namun ternyata membiarkan pakaian basah digantung seperti ini hanya akan menciptakan lingkungan yang lembap dan memudahkan jamur spora berkembang biak lebih cepat.

2. Melewatkan sarapan

Banyak yang beralasan tidak punya waktu. Tapi kebiasaan ini bisa fatal. Kenapa? Pertama, tubuh membutuhkan energi untuk menghadapi aktivitas seharian. Dan kedua, jika Anda tidak sarapan pagi, perut Anda akan membutuhkan lebih banyak nutrisi pada jam-jam berikutnya.

Akibatnya, porsi makan siang atau makanan ringan jadi lebih besar. Hal ini menyebabkan kenaikan berat badan dan penyakit, termasuk kolesterol tinggi, hipertensi, dll.

3. Berbohong pada dokter

Tidak peduli dokter tersebut bukan spesialisasinya, namun jika Anda tidak jujur, sulit baginya untuk menyembuhkan penyakit.

Hal ini juga dapat menyebabkan kesalahan diagnosis dan pemberian obat yang salah. Alhasil, penyakit Anda memburuk atau bahkan membuat hidup Anda dalam bahaya.

4. Pakai sepatu cantik yang menyakitkan

Setiap wanita tentu ingin tampil cantik. Namun kadang mereka lupa, penggunaan sepatu hak tinggi misalnya sangat menyakitkan kaki.

5. Menyikat gigi setelah makan

Memang benar kebersihan mulut itu penting. Namun, masalahnya, beberapa orang menyikat gigi segera setelah makan siang atau makan malam. 

Melakukan hal ini justru akan mengganggu kinerja air liur dari menetralkan tingkat pH mulut. Akibatnya, enamel rusak oleh asam dalam makanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6. Makan sebelum tidur

Makan sebelum tidur bukan hanya mengganggu sistem pencernaan namun juga akan memicu obesitas yang berujung penyakit.

7. Makan tanpa nafsu makan

Kebiasaan buruk lainnya terkait dengan makan berkaitan dengan bagaimana perasaan Anda. Ini artinya, Anda makan saat Anda bosan, sedih, atau gugup.

Tanpa disadari, makan jadi banyak dan menyebabkan gangguan pencernaan. Ketegangan, depresi, atau stres makan bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Plus, juga bisa menyebabkan sakit perut.

8. Bekerja di malam hari

Ini termasuk belajar. Ada banyak orang yang mengatakan bahwa mereka bekerja lebih baik setelah tengah malam. Sebenarnya, pada malam hari, tubuh dan otak justru memperlambat metabolisme. Jadi bekerja di malam hari sama dengan mengacaukan jam biologis Anda. Hal ini dapat menyebabkan stres, mudah tersinggung, dan bahkan penambahan berat badan.

9. Menyimpan kentang di kulkas

Beberapa penelitian menunjukkan, kentang yang disimpan di lemari es dan kemudian digoreng memicuzat yang berkaitan dengan kanker.

10. Menggigit kuku 

Ini adalah kebiasaan buruk. Dan bukan hanya buruk untuk penampilan tangan tapi juga buruk bagi kesehatan gigi Anda.

11. Memanaskan makanan dalam wadah plastik

Beberapa plastik mengandung Bisphenol A, senyawa kimia yang beracun pada suhu tinggi. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.