Sukses

6 Cara Cegah Kulit Kering dan Tetap Bersinar Saat Puasa

Kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh saat puasa bisa membuat kulit kering dan kusam.

Liputan6.com, Jakarta Saat puasa, asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh akan berkurang. Jika tidak hati-hati, hal ini akan berujung dehidrasi. Selain mengganggu kondisi tubuh, dehidrasi juga bisa membuat kulit kering.

Untuk menghindari kulit kering sepanjang bulan Ramadan, ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Dari Alarabiya, Jumat (9/6/2017), ini enam trik menjaga kulit tetap lembap saat puasa:

1. Hidrasi

Minum cukup air adalah kunci dari segalanya. Usahakan minum delapan gelas air dari waktu berbuka puasa sampai sahur.

Hindari minuman bersoda atau minuman dengan pemanis buatan. Begitu juga dengan minuman berkafein, karena bisa menyebabkan dehidrasi.

2. Jangan terlalu sering cuci muka

Selama Ramadan, kemungkinan kulit mengalami dehidrasi memang besar. Hal ini bisa diperburuk jika Anda terlalu sering mencuci muka (dengan sabun, bukan membasuhnya seperti saat berwudu).

Jika Anda perlu menyegarkan diri atau kulit, gunakan semprotan wajah. Untuk efek yang lebih menyegarkan, simpan botol penyemprot wajah di dalam kulkas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tabir surya

Ramadan kali ini bertepatan dengan musim panas. Karenanya penting bagi Anda untuk melindungi kulit dari teriknya sinar matahari.

Selalu gunakan tabir surya saat akan meninggalkan rumah. Jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang tabir surya Anda jika berada di luar ruangan selama lebih dari tiga jam.

4. Pilih makanan

Jika Anda menginginkan kulit yang cerah dan bersinar sepanjang bulan Ramadan, tingkatkan asupan antioksidan saat berbuka dan sahur. Makanlah makanan yang kaya akan serat dan antioksidan, seperti almond, beri, cokelat hitam, dan delima.

3 dari 3 halaman

5. Rawat kulit

Gunakan masker wajah sekali atau dua kali seminggu. Pastikan juga Anda teratur mengeksfoliasi kulit. Tergantung jenis kulit, lakukan hal ini satu sampai dua kali seminggu.

Eksfoliasi akan membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, dan membuat kulit terasa lebih halus dan bersinar. Eksfoliasi secara teratur juga membantu sirkulasi darah di wajah.

6. Pelembap

Setelah melakukan perawatan wajah rutin, sangatlah penting untuk menggunakan pelembap wajah. Gunakan pelembap yang bisa menghidrasi kulit untuk memenuhi kekurangan cairan.

Untuk Anda yang memiliki kulit kering, gunakan pelembap yang kaya akan pelembap dari krim atau minyak. Sedangkan untuk yang kulitnya berminyak, gunakan pelembap berbahan dasar jel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.